Tips Membuat Efek Bokeh Cantik

Seperti terlihat pada gambar di atas, daun pohon terdekat tajam dan fokus, sedangkan daun di sebelah kiri agak kabur. Sebagai perbandingan, daun dari pohon jauh lainnya sama sekali tidak fokus.

Gunakan panjang fokus yang lebih panjang

Karena jarak antara kamera dan subjek tetap sama, menambah panjang fokus lensa mengurangi kedalaman bidang. Oleh karena itu, jika Anda memiliki lensa zoom, Anda perlu menambah panjang fokus maksimum yang memungkinkan lensa memisahkan subjek dari latar belakang. Ini juga berarti bahwa jika Anda memperkecil dan menggunakan lensa pada panjang fokus terpendek, kedalaman bidang akan meningkat, yang diinginkan untuk fotografi lanskap dan arsitektur.

Misalnya, jika Anda memiliki lensa zoom 70-300mm, memotret dengan panjang fokus 300mm adalah metode terbaik untuk mengisolasi subjek (inilah yang Anda inginkan agar bokeh terlihat seperti yang terbaik), sedangkan mengambil gambar dengan perekaman 70mm paling baik untuk objek latar belakang. beberapa di antaranya akan menjadi fokus.

Gunakan lensa panjang

Karena menambah panjang fokus berarti penurunan kedalaman bidang, semakin panjang lensa Anda, semakin bagus gambarnya. Ini tidak selalu benar, karena rendering area yang tidak fokus juga sangat bergantung pada optik lensa. Misalnya, baik Nikon 18-200mm dan Nikon 70-200mm memiliki panjang fokus yang sama (200mm). Namun demikian, Nikon 70-200mm memiliki optik yang jauh lebih baik dibandingkan dengan 18-200, sehingga memiliki bokeh yang cantik seperti 18-200. Jadi saat saya mengatakan “gunakan lensa panjang”, yang saya maksud adalah “gunakan lensa panjang berkualitas tinggi” 🙂

Gunakan Lensa Cepat

Terakhir, gunakan lensa tercepat Anda karena apertur memengaruhi kedalaman bidang. Lensa terbaik untuk bokeh indah adalah lensa potret seperti Nikon 50mm f / 1.4, Nikon 85mm f / 1.4 dan Nikon 70-200mm f / 2.8, yang memiliki bukaan maksimum besar dan telah dioptimalkan untuk potret. Alternatif yang lebih murah seperti Nikon 50mm f / 1.8 dan Nikon 85mm f / 1.8 juga menghasilkan bokeh yang bagus.

Baca juga: