Efek Bokeh dengan Satu Lensa

Eksperimen sebar juga dilakukan dengan sistem kamera yang lebih kompleks, di mana peta kedalaman tidak dihitung berdasarkan perpindahan kedua lensa. Misalnya, kamera depan iPhone X memproyeksikan pola titik inframerah di sekitarnya, yang memungkinkan tidak hanya wajah pengguna dilacak, tetapi juga potongan indah dari sekitarnya. Huawei sedang mengerjakan sistem yang sangat mirip.

Asus Zenfone AR dan Lenovo Phab 2 Pro, masing-masing dengan kamera waktu penerbangan terintegrasi di bawah kamera belakang, melangkah lebih jauh. Saat melakukan bokeh, ruangan diperiksa dengan laser inframerah, yang sekali lagi memberikan jarak yang lebih jauh. Teknologi ini, yang telah didukung oleh Google di bawah Project Tango, sejauh ini belum dikembangkan. Di tempat lain, kami telah menghasilkan laporan ekstensif tentang kamera Time-of-flight dan Project Tango.

Membuat Efek bokeh hanya dengan satu lensa

Anda perlu mengetahui efeknya: Tutup satu mata dan penginderaan dalam Anda hanya akan bekerja sampai batas tertentu. Jadi, bagaimana Anda membedakan smartphone hanya dengan satu lensa antara latar depan dan latar belakang?

Sebelumnya, aplikasi Refocus untuk Windows Phone yang disebutkan di atas berfungsi. Di sini, smartphone hanya mengambil gambar dengan titik fokus berbeda, dan pengguna bisa menentukan area mana yang akan difokuskan dengan satu sentuhan. Meskipun bekerja dengan sangat baik, ini lambat dan praktis. Namun, perangkat keras dan perangkat lunak lebih canggih saat ini, sehingga berfungsi bahkan tanpa serangkaian fokus.

Google Pixel menawarkan 2 efek bokeh dengan satu lensa. Salah satu fitur berguna dari sensor gambar IMX362 di sini adalah autofokus dua piksel. Sensor ini membagi setiap piksel menjadi dua, dan seperti halnya dua kamera, proses ini memungkinkan dua gambar yang sedikit berbeda untuk berubah. Namun, penerapan teknologi ini lebih rumit daripada dengan dua sensor individu karena offsetnya tidak berada dalam jarak sentimeter tetapi sama dengan setengah diameter lensa. Proses pembuatan piksel sebenarnya di sini menggabungkan seluruh rangkaian foto dari peta kedalaman dan kemudian menggunakan analisis gambar berbasis AI.

Misalnya saja Samsung Galaxy S8 dan S8 + juga menggunakan sensor gambar autofokus dua piksel (Sony IMX333), namun selama ini fitur bokeh yang sebenarnya terlupakan. Fokus selektif hanya berfungsi untuk pengambilan makro, tanpa masukan dari pengguna. Namun, pembaruan Oreo yang akan datang untuk Samsung Duo menyediakan mode bokeh nyata. Ponsel cerdas lain dengan autofokus dua piksel, seperti HTC U11 atau Moto G5 Plus, saat ini tidak memiliki fitur bokeh, meskipun pembaruan perangkat lunak mungkin menyediakannya.

Bagaimana menurut anda?

Singkatnya, ada banyak cara untuk mengaburkan latar belakang atmosfer, bahkan dengan sensor thumbnail dan lensa mini yang terdapat di kamera smartphone. Pendekatan mana yang ingin Anda gunakan untuk ponsel cerdas Anda berikutnya? Diskusikan pro dan kontra dalam komentar di bawah.

Baca juga: