Apakah Sup Miso Vegan?

Sup miso adalah sup tradisional Jepang yang terdiri dari set dasar, pasta miso, dan berbagai bahan lainnya tergantung resepnya.

Ini juga menjadi semakin populer di negara-negara Barat, di mana banyak yang menggunakan pola makan vegetarian atau vegan. Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan apakah sup miso cocok untuk diet non-hewani.

Artikel ini membahas apakah sup miso dianggap vegan.

Gambar Roberta Dall’Alba / Offset

Table of Contents

Status vegan

Meskipun pola makan vegetarian tidak mengandung daging, ia memperbolehkan telur, ikan, dan produk susu. Pola makan vegetarian yang memungkinkan ikan disebut sebagai pola makan pescatarian.

Pola makan vegan tidak memasukkan produk hewani sebanyak mungkin. Ini termasuk daging, ikan, telur dan produk susu seperti keju, mentega, dan susu.

Bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuat sup miso, ini bisa menjadi vegan atau vegetarian.

Sup miso mendapatkan namanya dari bahan pasta miso, yaitu bumbu Jepang yang asin dan aromatik yang berasal dari kacang kedelai yang difermentasi. Untuk membuat buburnya, kami mencampur kedelai dengan garam dan kami mendapatkan bentuk yang disebut koji. Ini mungkin termasuk jelai, gandum hitam, beras atau biji-bijian lainnya (1, 2 sumber).

Pasta miso biasanya dianggap vegan. Namun, tidak demikian halnya dengan sup miso.

Bahan dalam sup miso adalah dashi, kaldu keluarga Jepang. Beberapa sup miso dibuat dengan katsuobushi dashi, jus dasar yang mengandung katsuobushi atau serpihan bonito. Serpihan non-vegan ini dibuat dari tuna cod asap (3, 4 sumber).

Niboshi dashi adalah jenis sup miso lainnya yang menggunakan ikan teri kering Jepang untuk menggantikan kaldu tuna. Karena itu, ini bahkan bukan vegan (Sumber 5Trusted).

Selain itu, beberapa sup miso versi Amerika dan Eropa dapat melarutkan miso dalam ayam atau ikan, tanpa vegan.

Jika Anda mengikuti diet pescatar, Anda bisa memasukkan beberapa jenis sup miso ke dalam makanan Anda. Jika sup miso tidak menggunakan dasar ayam atau mengandung bahan yang berasal dari ikan, Anda cenderung menjadi vegan.

Bahkan, beberapa sup miso dibuat dengan kombu dashi, kaldu yang berasal dari rumput laut, sejenis rumput laut (6).

Namun, beberapa sup miso mungkin mengandung bahan lain yang berasal dari hewani. Misalnya, beberapa versi mungkin berisi udang, kerang, atau babi (disebut tonjiru, yang berarti kaldu babi dalam bahasa Jepang).

RINGKASAN

Banyak jenis sup miso yang mengandung bahan yang berasal dari ikan, terutama kaldu. Namun, beberapa di antaranya hanya dibuat dari bahan nabati sehingga menjadi vegan.

Baca jug: