Pengertian Ideologi Tertutup

Kata Ideology pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Perancis Destutt de Tracy pada tahun 1796, kata tersebut berasal dari bahasa Perancis ideologie yang merupakan gabungan dari 2 kata yaitu ide yang mencerminkan suatu ide dan logie yang menunjukkan logo kara dalam bahasa yunani untuk menjelaskan logika dan rasio. Destutt de Tracy menggunakan kata ini dengan arti etimologisnya sebagai “ilmu yang mempelajari tentang asal-usul dan hakikat suatu gagasan atau gagasan”.

Pengertian Ideologi

Daftar Daftar Cepat

Secara umum ideologi setiap kelompok gagasan, gagasan dasar keyakinan dan keyakinan tercipta secara sistematis dengan arah dan tujuan yang dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kata Ideology berasal dari kata bahasa Inggris “idea” yang artinya gagasan, konsep, arti dasar, cita-cita dan kata “logika” dalam bahasa Yunani logo artinya ilmu atau ilmu. Secara harfiah, pengertian ideologi adalah tentang gagasan, tentang gagasan, ilmu tentang gagasan, atau pengajaran konsep dasar.

Dalam kehidupan sehari-hari “ide” yang berarti “ambisi”. Ide-ide yang membutuhkan ambisi permanen diperlukan, harus tetap ada seperangkat cita-cita, pandangan atau pemahaman dasar. Ide ide melengkapi pemahaman ide, pemahaman dasar, ide dan ide. Ideologi bisa digunakan sebagai visi yang luas, sebagai cara melihat segala sesuatu. Ide ide dari setiap sistem pemikiran abstrak “bukan sekedar memilih ide” diterapkan pada permasalahan masyarakat sehingga pembuat konsep ini menjadi inti politik.

Ide Anane

Ide-ide yang berkembang banyak dan beragam, di bawah ini adalah uraian singkat tentang berbagai ideologi tersebut;

liberalisme

Liberalisme berasal dari bahasa latin liber yang artinya bebas dan ismus yang artinya mengetahui atau mengajar. Dengan demikian Liberalisme dapat diartikan sebagai pemahaman atau ajaran yang menjunjung tinggi kebebasan individu. Dalam ajaran liberalisme manusia benar-benar merupakan individu, mandiri dan lengkap serta tersisih dari manusia lain sehingga keberadaan individu lebih penting dari pada masyarakat.

Kapitalisme

Apakah sistem mengelola proses produksi barang dan jasa melalui mekanisme harga dan pasar. Dan kemakmuran dicapai jika masing-masing dari mereka diberikan kebebasan kepada setiap orang yang mereka bersaing di pasar bebas dan negara tidak dapat mengganggu konten. Kapitalisme ini memiliki ciri-ciri utama sebagai berikut:

  • modal produksi dasar (tanah dan uang) dimiliki oleh individu.
  • Kegiatan ekonomi ditentukan oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar.
  • Pemilik modal dan tenaga kerja bebas mencari modal dan sumber pengeluaran lain untuk menghasilkan keuntungan yang besar.
  • negara dalam perekonomian sangat terbatas.
  • kolonialisme

Perkembangan kekuasaan negara di wilayah dan di luar perbatasan, seringkali dijumpai dominasi sumber daya ekonomi, tenaga kerja, dan pasar. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kolonialisme adalah keinginan menjadi negara yang paling kuat, penyebaran agama dan ideologi, kebanggaan menjadi negara yang istimewa, minat mencari sumber daya alam, dan pemasaran hasil industri.

nasionalisme
Nasionalisme adalah suatu persepsi yang menciptakan dan memelihara kedaulatan bangsa dengan menciptakan konsep jati diri sekelompok orang secara bersama-sama. Keadaan nasionalisme adalah dasar dari “beberapa kebenaran politik” (legitimasi politik).

Sosialisme
Ini adalah ideologi yaitu gerakan yang mengubah struktur kepemilikan politik masyarakat, dan ingin menciptakan masyarakat baru atas dasar berbagai aliran dalam sosialisme. Inti dari ideologi ini adalah meninggikan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi yang pada akhirnya akan menjadikan negara tanpa kelas sebagai alat produksi bersama.

Sumber: blog.malavida.co.id