Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Perumahan

Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Perumahan

Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Perumahan

Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di PerumahanHal-Hal Yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Perumahan

Memiliki hunian atau rumah sendiri merupakan idaman bagi setiap keluarga muda. Tinggal di rumah milik sendiri akan terasa lebih tenang ketimbang tinggal di rumah milik orang lain seperti rumah sewa atau kos. Meskipun biaya yang harus anda keluarkan cukup besar untuk membelinya, memiliki rumah sendiri membuat anda bebas untuk mendekorasi, merenovasi, atau bahkan mengecat ulang rumah anda.

beli rumah perumahan
via pixabay

Di kawasan perkotaan, ada banyak hunian perumahan yang bisa anda pilih untuk tempat tinggal anda bersama keluarga tercinta. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan demi kepuasan anda nantinya. Berikut informasinya.

1. Pilih dari Developer Terpercaya

Jika anda hendak membeli rumah di lingkungan perumahan, pilihlah developer atau pengembang yang sudah terpercaya agar tidak menyesal kemudian. Anda bisa pilih misalnya devoper yang sudah punya nama (reputasi baik) atau meminta rekomendasi dari teman yang lebih paham tentang itu. Hal ini penting terkait proses dan kepengurusan segala sesuatunya sampai rumah benar-benar telah siap huni.

2. Lokasi Strategis

Demi kepuasan anda, pastikan rumah yang hendak anda beli berada di lokasi yang strategis dan nyaman untuk ditinggali. Lokasi yang strategis dapat dilihat dari berbagai sisi, misalnya kondisi fisik lingkungan perumahan yang hijau dan asri, adanya taman bunga, ketersediaan sarana prasarana seperti fasilitas olahraga, rumah ibadah, lapangan, atau juga dekat dengan pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

3. Akses Mudah Dijangkau

akses rumah terjangkau
via pixabay

Kemudahan aksesibilitas merupakan unsur penting bagi anda yang disibukkan dengan kegiatan di luar rumah. Pastikan lokasi rumah yang dipilih tidak terlalu jauh dari jalan raya sehingga jarak tempuh ke tempat kerja atau sekolah lebih terakomodasi dan lebih mudah untuk dijangkau oleh transportasi umum. Jangan sampai anda menyesal saat menyadari bahwa jarak tempuh rumah anda cukup jauh atau sulit untuk dijangkau.

4. Kelengkapan Fasilitas

Selain fasilitas di lingkungan perumahan, anda juga harus benar-benar memperhatikan kelengkapan fasilitas rumah yang hendak dijadikan sebagai tempat tinggal anda. Fasilitas-fasilitas tersebut misalnya mencakup ketersediaan air bersih, pasokan tenaga listrik, tempat pembuangan sampah, saluran telepon, garasi mobil dan fasilitas-fasilitas utama lainnya. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan harapan dan keinginan anda.

5. Faktor Keamanan Lingkungan

Faktor keamanan memang menjadi hal paling urgen untuk menjamin keamanan hidup anda. Pastikan kondisi lingkungan sekitar rumah tersebut tidak berada di daerah berbahaya seperti di bawah jaringan listrik tegangan tinggi, rawan banjir atau tanah longsor, sehingga lebih aman untuk ditempati. Perhatikan juga faktor keamanan lingkungan perumahan seperti ketersediaan petugas jaga/satpam untuk mengantisipasi berbagai macam tindak kejahatan yang mungkin rawan terjadi.

6. Faktor Kesehatan Lingkungan

Lokasi lingkungan perumahan harus memenuhi kriteria yang diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah sesuai Peraturan Daerah setempat, salah satunya yaitu kriteria kesehatan. Rumah yang sehat mestinya didesain untuk ramah lingkungan, seperti misalnya material bangunan bersertifikat eco-friendly, mengutamakan cahaya dan aliran udara secara alami. Selain itu, pertimbangkan juga bahwa lokasi rumah tersebut bukan daerah yang mempunyai pencemaran udara di atas ambang batas, pencemaran air permukaan dan air tanah dalam.

Sumber: https://ngegas.com/ini-alasan-software-open-source-diminati/