Faktor-Faktor Proses

Faktor-Faktor Proses

 Telah diketahui bahwa tujuan proses terhadap pengendalian akuntansi dapat menjadi suatu penentu yang penting dalam desainpengendalian. Terdapat banyak cara untuk mengkarakteristikkan proses organisasi. Beberapa dari karakteristik ini dapat menjadi penting bagi tujuan pengendalian, semientara yang lainnya mungkin bersifat terbatas dan tidak memuat perbedaan: Proses sederhana maupun kompleksdanproses biaya variabel maupun biaya tetap akan diperlihatkan secara singkat untuk mengilustrasikan pentingnya proses variabel-variabel.

Proses yang sederhana adalah salah satu yang dapat dikarakteristikkan dengan memahami hubungan sebab akibat secara baik. Suatu proses yang kompleks melibatkan berbagai hubungan yang tidak dapat dipahami dengan baik. Suatu proses sederhana lebih mudah dikendalikan dibandingkan dengan proses yang kompleks. Biaya yang tidak dapat dihindari terjadi pada unit-unit dalam perusahaan, seperti riset dan pengembangan, pemasaran, dan administrasi karyawan.Hal ini sering menimbulkan kesulitan dalam mendesain inisiatif-inisiatif pengendalian terhadap aplikasi biaya yangtidak dapat dihindari karena adanya ketidakpastian dalam pengaruh pengendalian.

 Suatu faktor proses penting dalam penanganan biaya-biaya yang tidak cepat dihindari dari biaya-biaya untuk melakukan rekayasa adalah biaya variabel. Strategi pengendalian biaya untuk proses strategi biaya variabel seringkali berbeda dalam hal substansi dengan strategi-strategi pengendalian biaya yang disesuaikan, seperti aplikasi biaya tetap.

Recent Posts