Cara Mengirim File Tugas Lewat Email ke Dosen

Cara Mengirim File Tugas Lewat Email ke Dosen

Cara Mengirim File Tugas Lewat Email ke Dosen

Cara Mengirim File Tugas Lewat Email ke DosenCara Mengirim File Tugas Lewat Email ke Dosen

Kamu seorang mahasiswa baru? Menjadi penanggung jawab kelas? Siap-siap aja nanti akan ada Dosen yang selalu meminta untuk mengirimkan tugas secara individu maupun kolektif lewat Email. Tidak hanya masalah tugas, beberapa Dosen juga sering meminta untuk dihubungi lewat Email.
Mengirim email, tidak sekadar mengirim loh. Ada beberapa cara dan format yang harus benar-benar diperhatikan, hal ini dikarenakan lingkungan perkuliahan adalah lingkungan yang formal, tidak sedikit Dosen yang benar-benar minta untuk dihubungi secara profesional. Sedikit saja kesalahan bisa saja berpengaruh pada penilaian Dosen, bisa-bisa marah besar loh! Jangan kaget, namanya Dosen.
Usahakan untuk jangan sampai pernah dimarahi oleh Dosen kamu hanya karena format pengiriman Email yang tidak sopan. Agar kamu terhindar dari amarah Dosen karena format pengiriman Email yang salah, coba perhatikan langkah-langkah berkut:

Aturan Untuk Nama File Tugas Sebelum Dikirim

Nama file juga pengaruh ya, dengarkan dan ingat-ingat dengan betul apa yang dosenmu minta saat memberikan tugas tersebut, serta (mungkin) Ia memberikan format untuk nama file. Namun, jika Dosen-mu tidak meminta format nama untuk file tugas, kamu bisa melakukan tindakan inovatif untuk mempermudah Dosen ke depannya.
Karena Dosen tidak mengajar satu mata kuliah.  Namun, banyak mata kuliah, ada baiknya untuk menyertakan tuga pada mata kuliah yang sedang diampu oleh dosen di kelasmu.

Meskipun terkadang Dosen tidak meminta, mungkin karena mereka lupa, kamu bisa mencoba meng-konfirmasi ulang tentang format nama file tugas sebelum melakukan tindakan inovatif. Setelah membenahi nama file tugas atau file attachment(s) yang akan dikirim, selanjutnya adalah memahami tata cara mengirim.

Tata Aturan Mengirim Tugas Lewat Email ke Dosen

Sudah pernah mengirim email ke dosen? Kalau belum, akan saya beri tahu apa saja istilah pada pengiriman email, fungsi dan contohnya. Saya pakai Gmail ya, karena kebanyakan email kampus terikat dengan gmail.

Gambar diatas adalah Step sebelum mengirim email, ada To atau Recipient(s),ada Subject, dan kotak besar putih dibawahnya adalah Body.

Penjelasan

To atau Recipient(s) (Penerima),

Diisi dengan email tujuan (dalam hal ini email dosen tujuan).
Contoh: emaildosen@unesa.ac.id
 
Subject, ya subjek (hehe). Bisa disebut juga Judul.
Pengisian subjek dibagi lagi menjadi 2, yakni individu dan kelompok.
  1. Individu, contoh: matakuliah_tugaske_nim_nama
  2. Kelompok, contoh: matakuliah_tugaske_namakelompok

 

Body, kolom putih luas yang dapat diisi dengan penjelasan.
Pada bagian ini, bisa kalian isi dengan:
  1. Ucapan Salam
  2. Tujuan secara singkat
  3. Penutup

 

Recent Posts