Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Cara Membuat Podcast Full Tutorial

Cara Membuat Podcast Full TutorialCara Membuat Podcast Full Tutorial

Podcast ternyata cukup populer, walapun sebenarnya di Eropa hal ini sudah lama diperbincangkan. Namun, untuk Indonesia sendiri baru meledak 2 tahun belakangan. Banyaknya orang yang mulai mendengarkan podcast adalah, karena kemiripannya dengan radio. Orang-orang menjadi sedikit nosltagia pada era sebelum 90.
Podcast sendiri adalah sebuah konten yang berisi monolog ataupun dialog tentang tema yang sudah ditentukan (Ada juga yang menggunakan video). Intinya hampir sama dengan radio, perbedaannya adalah pada teknisnya. Dimana radio terikat oleh waktu dan jadwal, podcast bisa lebih dinikmati dimanapun dan kapanpun.
Melihat tren yang seperti ini, podcast dikabarkan akan terus populer. Hal ini membuat generasi 20-an mulai berlomba-lomba dan memelajari cara membuat podcast. Mulai dari apa saja alat yang dibutuhkan untuk memulai podcast, bagaimana prosedurnya pembuatan konten podcast, hingga yang paling penting adalah ‘dimana kita akan mengupload podcast?’.
Bagaimana? Tertarik untuk membuat sebuah podcast? Berikut adalah artikelnya

Jika kamu baru memulai dan tidak memiliki cukup modal untuk membuat podcast, tenang saja. Sebenarnya kamu tidak membutuhkan alat dengan harga jutaan rupiah diawal, karena jika hal ini yang ditekankan, kapan kamu akan berkarya?
Gunakan alat yang kamu punya dulu, mau pinjem? Silahkan, pastikan tidak ada yang terbebani ya.

Mikrofon

Namanya juga konten audio. Tanpa mikrofon, apa yang kita sampaikan? Hehe. Masalah mikrofon tidak perlu risau, pakai ponsel saja sudah bagus kok. Ada earphone? Ada mikrofonnya kan pasti, gunakan saja.

Kita gunakan dulu seadanya, gimana lagi? toh adanya itu. Pelan-pelan, nanti pasti ada hasil dari podcast kamu, sebagian hasilnya nanti bisa kamu sisihkan. Berikut adalah referensi mikrofon yang bisa kamu gunakan.

Rode NT-USB

Nama: Rode NT-USB
Harga: Rp 2.700.000

Mikrofon ini menjadi mirkofon USB terbaik sejak 2014, bahkan hingga saat ini. Kualitas suara yang dihasilkan sangat baik, cocok untuk vocal, podcast, ataupun voiceover. Hal ini dikarenakan pola penangkap suaranya cardioid, yakni menangkap suara dari depan dan sedikit area disamping.