Cara Merawat Rambut Keriting

Beberapa orang dengan rambut keriting lebih suka meluruskan rambut mereka karena terlihat kusut dan tidak jelas. Padahal, jika dirawat dengan benar, rambut keriting bisa terlihat lebih baik dan lebih bisa dikelola. Jadi bagaimana Anda memperlakukan rambut keriting dengan benar?

Cara merawat rambut keriting agar lebih mudah diatur

Tidak seperti rambut lurus, rambut keriting sulit diatur dan ditata. Rambut keriting mengering, mudah patah dan terlihat sangat berantakan.

Rambut keriting seperti ini disebabkan oleh kurangnya kelembaban di rambut. Ironisnya, cuaca basah dan lembab tidak membantu memperbaiki kondisi rambut keriting

Karena itu, orang perlu perawatan khusus rambut keriting untuk membuat rambut menarik dan mengelolanya dengan mudah. Berikut adalah tips cara menangani rambut dan rambut dengan benar untuk Anda.

1. Jangan mencuci rambut lebih dari dua kali seminggu
Minyak alami yang melapisi kulit kepala dari rambut Anda sulit jika rambut Anda keriting. Karena itu, rambut keriting berisiko mengering. Untuk mengurangi kekeringan pada rambut, jangan keramas terlalu sering. Setidaknya, cuci rambut Anda dua kali seminggu dan tidak lebih.

Produk sampo juga bervariasi berdasarkan jenis rambut. Jadi, gunakan sampo untuk rambut keriting.

2. Gunakan air panas atau dingin
Saat terkena panas, rambut keriting menjadi kusut. Karena itu, gunakan air panas atau dingin, bukan air panas, saat mencuci rambut.

3. Gunakan kondisioner rambut
Dalam perawatan rambut keriting, hal terpenting adalah menjaga kelembaban. Untuk itu, setelah mencuci rambut, sisir rambut Anda dan oleskan pelembab khusus ke rambut Anda. Pelembab harus digunakan sebelum styling atau menyisir.

4. Lakukan pengondisian rambut dua kali sebulan
Untuk menjaga rambut tetap lembab, Anda juga harus melakukan pengkondisian dingin setiap dua bulan. Gunakan produk pendingin yang cocok untuk kulit keriting dan biarkan selama 10-15 menit atau semalam untuk hasil terbaik.

5. Gunakan sisir bergigi lebar
Gunakan sisi bergigi lebar atau gunakan jari-jari Anda untuk menata rambut keriting. Hindari menggunakan sisir bergigi halus atau bergigi halus karena dapat membuat rambut kusut.

6. Jangan mengeringkan rambut Anda tanpa diffuser
Saat merawat rambut keriting, Anda harus menghindari pengeringan rambut. Namun, jika Anda terburu-buru dan perlu mengeringkan rambut Anda dengan cepat, Anda harus menggunakan pengering rambut yang memiliki diffuser dan mengaturnya pada level rendah.

7. Gunakan produk rambut bergizi
Rambut keriting cenderung kering dan rusak. Karena itu, Anda juga harus menggunakan produk perawatan rambut lainnya yang dapat menutrisi rambut Anda, seperti serum, kondisioner atau masker rambut.

8. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol dan sulfat.
Saat merawat rambut keriting, pastikan produk tidak mengandung alkohol atau zat lain yang merusak rambut, seperti natrium lauril sulfat. Kandungan sulfat bisa mengeringkan rambut.

9. Biasa di kelas.
Selain dirawat di rumah, pemilik rambut keriting harus secara teratur pergi ke salon untuk memotong rambut atau memotong ujung rambut yang kering dan rusak. Paling tidak, buat gunting atau potong rambut setiap 3 bulan di salon.

10. Melindungi rambut dari cuaca panas dan lembab
Cuaca yang terlalu panas dan lembab dapat merusak rambut keriting Anda. Karena itu, ketika merawat rambut keriting, Anda harus menggunakan kondisioner saat meninggalkan rumah atau mengganti karet rambut. Jika perlu, kenakan topi atau syal untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan.

Baca juga: