Apa Tujuan dari Rentabilitas?

Penting untuk mengetahui profitabilitas perusahaan sehingga manajemen dapat memantau pendapatan perusahaan dibandingkan dengan aset / modal yang menghasilkan pendapatan. Profitabilitas mengacu pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode waktu tertentu, seperti yang terlihat dalam berbagai alasan untuk mengukur laba dari modal yang digunakan untuk semua kegiatan operasi operasi. Kemampuan menghasilkan laba ditentukan oleh ketersediaan dan kemudahan modal investasi.

Iklan

Menunjukkan statistik yang terkait dengan profitabilitas sesuai dengan prinsip akuntansi yang bertindak sebagai indikator atau indikator keberhasilan perusahaan di bidang akuntansi. Secara umum, masalah profitabilitas lebih penting bagi perusahaan daripada masalah laba karena laba besar bukanlah langkah yang menunjukkan bahwa perusahaan telah bertindak secara efektif. Efisiensi perusahaan baru dikenal dengan membandingkan keuntungan dengan aset atau modal yang dihasilkan oleh laba ini, sehingga perusahaan harus meningkatkan profitabilitas perusahaan. Analisis Indeks Profitabilitas berfungsi sebagai alat untuk menganalisis atau mengukur tingkat efisiensi bisnis dan keuntungan yang dicapai oleh suatu perusahaan.

Menurut Hernanto (1991: 351) tujuan profitabilitas adalah untuk mendefinisikan kriteria untuk mengevaluasi hasil operasi bisnis sebagai tujuan utama yang dapat digunakan untuk 2 hal berikut.

Menjadi indikator efektivitas manajemen

Salah satu alasan untuk tujuan ini adalah bahwa profitabilitas dapat menggambarkan kemampuan perusahaan (PD, BPR, BKK) untuk menghasilkan laba dengan membandingkan modal untuk menghasilkan laba sehingga profitabilitas merupakan ekspresi efisiensi dan kualitas. Apakah manajemen. Sumber: guruakuntansi.co.id

Menjadi alat untuk memperkirakan pendapatan perusahaan

Sebagai alat untuk memperkirakan pendapatan perusahaan, profitabilitas dapat menggambarkan hubungan atau hubungan antara pendapatan dan modal yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan, sehingga manajer dapat menganalisis dan merencanakan pendapatan pada tingkat yang berbeda.

Tujuan profitabilitas adalah administrasi (internal) dan eksternal (eksternal) perusahaan, terutama mereka yang memiliki hubungan atau minat dengan perusahaan. Tujuan perusahaan untuk menggunakan indeks profitabilitas adalah sebagai berikut.

Hitung atau hitung laba yang diterima perusahaan dalam periode tertentu.
Mengevaluasi posisi laba perusahaan di tahun sebelumnya dan membandingkannya dengan tahun berjalan.
Mengevaluasi pertumbuhan pendapatan seiring waktu.
Mengevaluasi jumlah pendapatan sebelum pajak atas total aset

Pengukuran produktivitas semua dana perusahaan (modal) dalam bentuk modal pinjaman dan ekuitas.
Tujuan dari profitabilitas adalah untuk mengukur efektivitas manajemen dalam mengelola dan melaksanakan operasi perusahaan. Analisis profitabilitas juga berguna untuk orang luar seperti investor atau kreditor potensial yang akan menginvestasikan dana di perusahaan melalui pasar modal dengan membeli saham perusahaan yang telah go public. Analisis rasio profitabilitas juga membantu manajer keuangan / keuangan untuk memahami apa yang harus dilakukan perusahaan berdasarkan informasi yang diperoleh dari laporan keuangan (jenis laporan keuangan dan jenis fungsi pelaporan keuangan) yang sesuai dengan standar. Akuntansi Keuangan. Manajer keuangan akan mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan sehingga ia dapat membuat keputusan penting untuk masa depan. Sementara itu, apakah investor atau calon investor dapat dipertimbangkan untuk membeli saham terkait.

Setelah memahami tujuan profitabilitas, pembaca akan dapat lebih memahami rasio profitabilitas dan bagaimana menghitungnya dengan berfokus pada contoh masalah hubungan keuangan dan masalah akuntansi keuangan lainnya. Pertimbangan juga harus diberikan pada bagaimana membuat laporan keuangan sehingga tidak ada kesalahan yang dibuat yang dapat berdampak signifikan pada perusahaan.

Baca juga: