PucukBambu (Rebung)

PucukBambu (Rebung)

Racun alami pada pucuk bambu termasuk dalam golongan glikosida sianogenik. Untukmencegah keracunan akibat mengkonsumsi pucuk bambu, maka sebaiknya pucuk bambuyang akan dimasak terlebih dahulu dibuang daun terluarnya, diiris tipis, lalu direbus dalamair mendidih dengan penambahan sedikit garam selama 8-10 menit. Gejala keracunannyamirip dengan gejala keracunan singkong, antara lain meliputi penyempitan saluran nafas.
14.  Parnship
Parsnip mengandung racun alami yang disebut furokumarin (furocoumarin). Senyawa ini dihasilkan sebagai salah satu cara tanaman mempertahankan diri dari hama serangga. Kadar racun tertinggi biasanya terdapat pada kulit atau lapisan permukaan tanaman atau di sekitararea yang rusak. Racun tersebut antara lain dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri pada kulit jika terkena sinar matahari. Kadar racun dapat berkurang karena proses pemanggangan atau perebusan. Lebih baik bila sebelum dimasak, parsnip dikupas terlebih dahulu.
15.  Singkong
Singkong mengandung senyawa yang berpotensi racun yaitu linamarin dan lotaustralin.Keduanya termasuk golongan glikosida sianogenik. Linamarin terdapat pada semua bagiantanaman, terutama terakumulasi pada akar dan daun. Singkong dibedakan atas dua tipe, yaitupahit dan manis. Singkong tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripadatipe manis. Jika singkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna dikonsumsi, makaracun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia yang dinamakan hidrogen sianida,yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Singkong manis mengandung sianida kurangdari 50 mg per kilogram, sedangkan yang pahit mengandung sianida lebih dari 50 mg perkilogram. Meskipun sejumlah kecil sianida masih dapat ditoleransi oleh tubuh, jumlahsianida yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi 1 mg per kilogram berat badan per hari.Gejala keracunan sianida antara lain meliputi penyempitan saluran nafas, mual, muntah, sakitkepala, bahkan pada kasus berat dapat menimbulkan kematian. Untuk mencegah keracunansingkong, sebelum dikonsumsi sebaiknya singkong dicuci untuk menghilangkan tanah yangmenempel, kulitnya dikupas, dipotong-potong, direndam dalam air bersih yang hangatselama beberapa hari, dicuci, lalu dimasak sempurna, baik itu dibakar atau direbus. Singkongtipe manis hanya memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar sianidake tingkat non toksik. Singkong yang umum dijual di pasaran adalah singkong tipe manis.

Recent Posts