Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian

Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian

Sebelum kita memahami tentang sampel penelitian, kita harus mengetahui dulu pengertian dari populasi, karena dua hal ini merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan erat dalam pelaksanaan penelitian.

Populasi

Populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Dalam hal ini populasi bukan hanya orang, tetapi juga objek dan benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek/subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik/sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek itu.

  1. Sampel

Sampel berati contoh. Kesimpulan tentang contoh akan sama dengan keseluruhan individu darimana sampel diambil, karena contoh mempunyai ciri yang sama dengan keseluruhan yang menjadi sumbernya. Sampel penelitian merupakan bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi yang ada dalam penelitian. Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan dana, tenaga,dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu. apa yang dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan dapat diberlakukan untuk populasi. Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harus benar-benar mmenuhi syarat representative, artinya sampel yang diambil benar-benar mewakili populasi yang ada. Sejalan dengan hal tersebut, Asher dan Vockell (1995) mengemukakan, “the sample must be representative of the population about which we wish to make generalizations.”

Contohnya dalam bidang kedokteran, satu orang sering bertindak sebagai populasi. Darah yang ada pada setiap orang adalah populasi, kalau akan diperiksa cukup diambil sebagian darah yang berupa  sampel. Data yang diteliti dari sampel tersebut selanjutnya diberlakukan ke seluruh darah yang dimiliki orang tersebut.

  1. Sampling

            Sampling merupakan prosedur atau langkah-langkah penentuan sampel. Sampling adalah salah satu bagian dari proses penelitian yanng mengumpulkan data dari target penelitian yang terbatas. Bila data penelitian dikumpulkan dari seluruh populasi target maka  penelitiannya disebut sensus, sedang bila data penelitian dikumpulkan dari sebagian saja dari populasi target maka penelitian disebut survei. Dapat diambil kesimpulan bahwa sampling dilakukan pada jenis penelitian survei yang mengandalkan penelitian atas data yang diambil dari sampel.

2.2 Bingkai Sampel Penelitian

Bingkai sampel penelitian sering dimaksud pula sebagai “Metode Sampel”. Metode Sampel merupakan cara – cara atau teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel, untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian.

Secara garis besar teknik sampling dapat dikelompokan menjadi dua yaitu : Probability Sampling dan Non Probability Sampling.

  1. Probability Sampling (Random Sampling)

Probability Sampling (Random Sampling) adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Apabila jumlah populasinya terbatas, peluang randomnya dapat diberikan kepada anggota populasi secara individu. Sebaliknya, apabila populasinya dalam jumlah yang cukup besar, maka peluangnya diberikan secara kelompok.

Untuk random sampling, pengambilan sampel dilakukan secara sembarang atau acak. Namun, bukan berarti teknik ini adalah suatu cara yang sembarangan, sebab teknik pengambilan sampel secara random bertitik tolak pada prinsip-prinsip matematik yang kokoh dan telah diuji dalam praktik. Sampai sekarang, teknik ini dianggap paling representatif dalam penelitian pendidikan.

 Sebagaimana pengertian di atas, dalam teknik random sampling, semua individu dalam populasi diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel penelitian. Jadi, tidak ada alasan untuk  menganggap teknik ini sebagai sampel penelitian yang nyeleweng atau menyimpang.

Sumber: https://ngegas.com/tactics-squad-apk/