Prinsip kerja dari sebuah komputer

Prinsip kerja dari sebuah komputer

Prinsip kerja dari sebuah komputer

Prinsip kerja dari sebuah komputer

1. Input 

Bagian masukan (Input) dari sebuah komputer berfungsi untuk memasukan data dan informasi ke dalam komputer. Bagian masukan ini merupakan sarana pemakai untuk dapat berkomunikasi dengan komputer. Pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer melalui keyboard, mouse yang dapat memindahkan posisi kursor dengan bebas, pena cahaya (light pen) yang beraksi bila suatu tempat di layar disentuh.
2. CPU
CPU merupakan bagian utama dari sebuah komputer, terdiri dari bagian Control Unit dan Aritmatic logic unit (ALU).
3. Memori
Bagian memori digunakan utuk menyimpan program, data-data hasil perhitungan atau data hasil proses tertentu. Bagian memori ini terdiri dari dua macam yaitu:
a. Memori Internal, yang berfungsi untuk menyimpan data/program data informasi. Memori internal terdiri dari RAM (Random Access Memory) yang dapat dibaca dan ditulis dan ROM (Read Only Memory) yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis.
b. Memori Eksternal, berfungsi untuk menyimpan data/program dan informasi yang terletak diluar komputer seperti disk drive, disket, dan USB flash/flash drive.
4. Output
Bagian keluaran (Output) berfungsi untuk menampilkan data atau informasi seperti monitor, printer, atau plotter.
Port Paralel
Port adalah suatu saluran yang menghubungkan mikriprosesor dengan peralatan luar. Dengan adanya port dapat dimungkinkan pengaturan – pengaturan peralatan luar secara software, misalnya pengaksesan port untuk mengatur printer, adaptor video dan lain sebagainya. Untuk dapat menggunakan port, maka port tersebut harus diberi nomor atau alamat tertentu . setiap alamat dihubungkan dengan alamat yang berbeda-beda. Paralel port dikenal dengan nama port printer atau sering disingkat dengan LPT. Dalam suatu PC, LPT ini bisa lebih dari satu yaitu untuk LPT1 dengan alamat 3Bch-3Beh (h = hexsadesimal), LPT 2 dengan alamat 378-37Ah, dan LPT 3 dengan alamat 278h-27Ah. Paralel port yang murni hanya memiliki satu fungsi yaitu mengirim data dalam satu arah dari komputer ke printer. Paralel card ( Adapter Printer) ini mengirimkan data 8 bit pada suatu saat ke printer. Jika komputer menerima sinyal ”printer sibuk” atau ”kertas habis” dari printer, maka printer akan menahan semua pengiriman data. Cara kerja port paralel ini adalah pengiriman informasi yang disimpan oleh komputer dalam satu byte secara serentak atau paralel. Cara kerja ini tidak terlepas dari adanya PIO yang ada pada sistem komputer. PIO bisa mengeluarkan data dari dalam register CPU secara serentak.
Dalam port paralel terdapat 17 jalur data (17bit). Karena komputer memiliki 8 bit per alamat maka dibutuhkan 3 alamat fisik untuk setiap alamat port paralel : data (8 bit), status (5 bit) dan control (4bit). Alamat fisik yang digunakan untuk keperluan untuk keperluan ini disebut juga dengan register, sehingga dikenal dengan register data, register status dan register control.
Dari data tersebut diatas jelas bahwa register status hanya memiliki 5 bit dari 8 bit yang ada, dan register control hanya menggunakan 4 bit dari 8 bit. Sedangkan register data memakai seluruh dari data 8 bit. Pemakaian alamat untuk masing-masing register tersebut adalah sebagai berikut:
  • Register Data, register ini untuk mengeluarkan (menulis, write) data. Pada bidirectional, register ini juga untuk memasukan (membaca, read) data dari luar. Register data terdiri dari sinyal data yaitu D0-D7.
  • Register Status, adalah port yang read only. Dalam proses jabat tangan, register status digunakan untuk mengecek status printer manakala komputer akan mengeluarkan data melalui port paralel. Register status terdiri dari sinyal-sinyal : Busy, ACK, Paper Out, Select In, Error dan IRQ.
  • Register Control, pada mulanya register ini adalah read only, karena digunakan untuk mengirim sinyal pemberitahuan ke printer seperti inisial, auto linefeed, dsb. Namun demikian register ini dapat juga digunakan sebagai input (read). Register control terdiri dari sinyal-sinyal : Enable Bidirectional, Enable IRQ Via ACK, Select Printer, Initial Printer (Reset), Auto Linefeed, Strobe.

Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/