PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK

  1. Pengertian Lingkungan

yang dimaksud dengan lingkungan ialah sesuatu yang berada diluar diri anak dan mempengaruhi perkembangannya. Lingkungan sekitar meliputi semua kondisi dalam dunia ini yang dengan cara-cara tertemtu mempengaruhi tingkah laku manusia, pertumbuhan, perkembangan kecuali gen-gen. Dan bahkan gen-gen dapat pula dipandang sebagai menyiapkan lingkumgan bagi gen yang lain.

Alam sekitar merupakan salah satu faktor dari faktor-faktor pendidikan yang ada. dengan demikian alam sekitar merupakan faktor penting pula bagi pelaksanaan pendidikan. Namun demikian faktor alam sekitar jelas berbeda apabila dibandingkan dengan faktor pendidikan. Kedua faktor pendidikan ini diakui ada persamaanya yaitu keduanya mempunyai pengaruh kepada pertumbuhan, perkembangan, dan tingkah laku anak.

Memang alam sekitar berpengaruh besar kepada anak didik, meliputi alam sekitar yang baik atau yang tidak baik, lebih-lebih mempengaruhi sekitar yang kurang baik, mudah mempengaruhi sekitar yang kurang baik mudah mempengaruhi anak didik, mengingat anak didik. Maka sudah sepantasnya jika pendidik bersikap bersikap bijaksana dalam bersikap dan menghadapi alam sekitar tersebut.

Sedangkan faktor pendidikan secara sadar dan bertanggung jawab mencintai dan membimbing anak ketujuan pendidikan yang diterapkan.

  1. Macam-macam lingkungan dalam pendidikan Islam

Ada tiga pengaruh lingkungan pendidikan terhadap keberagamaan anak, yaitu:

  1. Lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama

Lingkungan semacam ini ada kalanya berkeberatan terhadap pendidikan agama, dan adakalanya pula agar sedikit tahu tentang hal itu.

  1. Lingkungan yang berpengang kepada tradisi agama tetapi tanpa keinsyafan batin, biasanya lingkungan dengan demikian menghasilkan anak-anak beragama yang secara tradisional tanpa kritik atau beragama secara kebetulan.
  2. Lingkungan yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan hidup dalam kehidupan agama. Lingkungan ini memberikan motifasi (dorongan) yang kuat kepada anak-anak untuk memeluk dan mengikuti pendidikan agama yang ada. Apabila  ditunjang oleh pimpinan yang baik dan kesempatan yang memadai, maka kemungkinan besar hasilnya pun paling baik.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa lingkungan pendidikan itu dapat diibedakan menjadi tiga macam yaitu:

  1. Pengaruh lingkungan positif

Pengaruh lingkungan positif yaitu lingkungan yang memberikan dorongan atau memberikan motivasu dan rangsanagan kepada anak untuk menerima, memahami, menyakini serta mengamalkan ajaran Islam.

  1. Pengaruh lingkungan negatif

Lingkungan negatif yaitu lingkungan yang menghalangi atau kurang menunjang kepada anak untuk menerima, memahami, menyakini dan mengamalkan ajaran Islam.

  1. Pengaruh netral

Mengenai lingkungan netral adalah lingkungan yang tidak memberikan dorongan untuk menyakini atau mengamalkan agama demikian pula tidak melarang atau menghalangi anak-anak untuk menyakini dan mengamalkan ajaran Islam. Lingkungan ini dapat apatis, masa bodoh. Terhadap keberagamaan anak-anak. Lingkungan itu nampak ada dalam kehidupan bermasyarakat.


Baca Juga :