Cara Rawat Sepeda Motor Tak Terpakai Lama

Untuk menciptakan performa sepeda motor tetap terjaga dengan baik, pasti Anda mesti mengetahui teknik merawat motor yang benar.

enurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), performa terbaik sepeda motor tak melulu didapat dengan perawatan teratur di bengkel resmi cocok jadwal yang ditentukan, tetapi pun perawatan yang dilaksanakan sendiri.

”Termasuk ketika lama tak terpakai di rumah, sejumlah hal perlu diacuhkan pemilik. Karena kadang ada komponen atau unsur sepeda motor yang perlu diperhatikan ketika diam dalam jangka waktu lumayan lama, yang dikhawatirkan memprovokasi kinerja,” ucap Endro.

Berikut sejumlah tip dari AHM guna menjaga situasi sepeda motor ketika diam dalam jangka masa-masa lama.

Cuci Sepeda Motor

Jika memang telah ada rencana tidak akan dipakai dalam jangka waktu lumayan lama, betapa baiknya sepeda motor dibersihkan terlebih dahulu.

”Karena ada sejumlah pengendara motor yang mesti melewati wilayah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari urusan itu yang menyebabkan percepatan munculnya karat dan risiko lain, disinggahi hewan misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

Beri Pelumas

Beri pelumas unsur bagian yang cenderung/ berpotensi memunculkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

Untuk sepeda motor tipe matik, usahakan diparkir memakai standar tengah supaya gampang untuk kita mengerjakan pemanasan mesin.

Pemanasan Mesin

Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira hingga suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilaksanakan setiap hari bakal lebih baik. Untuk menjangkau suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

”Tujuan pemanasan mesin agar sirkulasi oli mesin tetap fasih dan guna pengisian baterai. Disarankan tidak dilaksanakan di ruang tertutup,” cerah Endro.

Cek Bagian Bawah

Khusus tipe motor matik, simaklah bagian dalam cover plastik motor, khususnya bagian bawah. Dikhawatirkan andai sepeda motor lama tidak digunakan, ruang/ rongga ini dapat menjadi lokasi singgah hewan (tikus/ular). Lakukan pemeriksaan ini ketika memanasi mesin.

Dengan mengerjakan hal-hal itu di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diinginkan tetap menyerahkan kenyamanan dan performa optimal saat akan dipakai kembali.

Sumber: