RESUME BUKU “PRESENTASI ILMIAH”

RESUME BUKU PRESENTASI ILMIAH

RESUME BUKU “PRESENTASI ILMIAH”

RESUME BUKU PRESENTASI ILMIAH

RESUME BUKU

Judul           : Presentasi Ilmiah ( Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia)

Pengarang   : Dr. Ramly, M. Hum.

Presentasi ilmiah yang efektif adalah penyajian bahan oleh seseorang di suati forum  yang pesertanya secara sukarela terlibat aktif dalam interaksi verbal ilmiah menuju tercapainya tujuan dalam waktu yang tersedia. Kiat yang perlu diterapkan dalam presentasi mencakup: menarik minat dan perhatian peserta, menjaga agar presentasi tetap fokus pada masalah yang di bahas, dan menjaga etika.

Presentasi ilmiah akan berhasil jika penyaji menaati tata cara yang lazim.Pertama, penyaji perlu memberi informasi kepada peserta secara memadai. Kedua, penyaji menyajikan bahan dalam waktu yang tersedia. Ketiga, penyaji menaati etika presentasi ilmiah. Nilai yang harus di pegang dalam presentasi ilmiah adalah “menjaga perilaku agar tidak merugikan orang lain”. Butir lain yang perlu diperhatikan dalam hal etika adalah kejujuran. Kejujuran ini menyangkut informasi yang disajikan. Setiap orang wajib menghargai gagasan/pendapat orang lain. Jalannya forum banyak ditentukan oleh moderator sebagai pemandu yang harus adil dalam memberkan kesempatan kepada peserta dalam hal bertanya maupun menanggapi suatu hal dan moderator harus menaati waktu yang telah ditetapkan. Semua hal yang terungkap dalam forum berjalan perlu di catat rapi oleh notulen. Teknisi wajib. Memastikan bahwa peralatan teknologi yang digunakan bekerja dengan baik.

Beberapa alasan mengapa dalam presentasi ilmiah dibutuhkan penggunaan multimedia adalah agar presentasi yang ditampilkan menarik, menghemat waktu, penyaji dapat memberikan penekanan pada butir yang dikehendaki secara menarik, peserta dapat mengopi file presentasi, penyaji dimudahkan hanya dengan membawaflashdisk dan bahan  presentasi dapat sangat ringkas.

 

Presentasi ilmiah pada intinya adalah mengkomunikasikan bahan ilmiah  kepada peserta forum ilmiah sehingga berlaku prinsip komunikasi. Prinsip komunikasi yaitu mengurangi gangguan komunikasi secara antisipatif dan memaksimalkan keefektifan dalam proses presentasi.


Sumber:

https://penirumherbal.co.id/1line-apk/