RESUME BUKU “MENULIS PROPOSAL”

RESUME BUKU MENULIS PROPOSAL

RESUME BUKU “MENULIS PROPOSAL”

RESUME BUKU MENULIS PROPOSAL

RESUME BUKU

Judul                      : Menulis Proposal ( Mata Kuliah Pengembangan  Kepribadian Bahasa Indonesia)

Pengarang              : Dr. Ramly, M. Hum.

Kata proposal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

diartikan sebagai rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, misalnya, proposal proyek itu belum disetujui oleh pemimpin proyek. Proposal penelitian merupakan rencana kerja dari suatu kegiatan penelitian tentang fenomena dalam satu bidang ilmu, rencana kerja tersebut disajikan berdasarkan urutan yang logis. Proposal penelitian perlu disusun sebelum penelitian dilaksanakan untuk: (a) memberi arah bagi peneliti berkaitan dengan pelaksaan penelitian, dan (b) memudahkan komunikasi dalam proses pembimbingan.

            Bentuk dan isi proposal yang digunakan pada penulisan adalah sebagai berikut: (a) judul penelitian, (b) bidang ilmu, (c) pendahuluan, (d) perumusan masalah, (e) tinjauan pustaka, (f) tujuan penelitian, (g) konstribusi penelitian (manfaat penelitian), (h) metode penelitian, (i) jadwal pelaksanaan, (j) personalia penelitian, (k) perkiraan biaya penelitian, dan (l) daftar pustaka serta (m) daftar riwayat hidup (bila diperlukan). Judul penelitian hendaknya dibuat singkat, jelas, menunjukan dengan tepat masalah yang akan diteliti, dan tidak memberi peluang bagi penafsiran/interprestasi yang bermacam-macam. Bidang ilmu yang dimaksud di sini adalah bidang ilmu yang akan diteliti. Perumusan masalah biasanya berbentuk suatu pertanyaan. Tujuan penelitian adalah penjabaran tentang pengujian hipotesis atau penjelasan/gambaran kalimat empiris dari fenomena yang akan diteliti. Kontribusi penelitian berisi uraian secara singkat dan jelas tentang jawaban apa atau kontribusi terhadap pengembangan bidang itu, dan/atau terdapat pemecahan persoalan pembangunan dan/atau untuk pengembangan institusi. Tinjauan pustaka merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proposal atau laporan penelitian karena pada bab ini diungkapkan pemikiran atau teori-teori yang melandasi dilakukannya penelitian. Hipotesis dirumuskan berdasarkan landasan teori atau berdasarkan tinjauan pustaka. Metode penelitian berisi tentang metode yang digunakan dalam penelitian itu. Jadwal pelaksanaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam penelitian. Personalia penelitian adalah tim pelaksana penelitian. Perkiraan biaya penelitian berisi tentang perincian biaya yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian. Daftar pustaka adalah daftar buku/ literatur/ pustaka yang dijadikan rujukan dalam penyusunan laporan. Daftar riwayat hidup berisi tentang daftar riwayat hidup peneliti.

            Suharsimi Arikunto mengemukakan sebelas langkah penelitian, antara lain, adalah memilih masalah, studi pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan anggapan dasar dan hipotesis, memilih pendekatan, menentukan variabel dan sumber data, menentukan dan menyusun instrumen penelitian, mengumpulkan data, analisis data, menarik kesimpulan, dan menulis laporan. Sedangkan, menurut Sudjana ada lima langkah penelitian, yaitu konseptualisasi masalah penelitian, berpikir rasional, pengumpulan data, analisis data dan menguji hipotesis, dan kesimpulan penelitian.


Baca Juga :