Tantangan yang Sering Dihadapi Anak Kidal

Tantangan yang Sering Dihadapi Anak Kidal

Sebagai orang tua, Anda harus menjadi orang yang paling memahami anak. Semua pekerjaan yang umumnya mudah untuk mayoritas anak, ternyata belum tentu mudah juga guna anak Anda. Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat mendampingi agar anak dapat tumbuh berprestasi dan lebih berhasil. Berikut merupakan 8 hal yang menjadi tantangan anak bertangan kidal.

Menulis
Satu masalah yang sering dihadapi anak kidal merupakan saat menulis. Budaya literasi kita merupakan dari kiri ke kanan sehingga tidak menyusahkan mereka yang menggunakan tangan kanan. Tangan anak rawan kotor terkena tinta saat menulis. Hal ini membuat tulisan anak tidak rapi dan lembar kertasnya kotor.

Bantulah anak supaya dapat menemukan kiat terbaik saat menulis, seperti gaya underwriting atau overwriting. Sediakan juga alat tulis khusus anak kidal yang bisa Anda beli di toko perlengkapan tulis tertentu.

Menggunakan mouse
Anak bertangan kidal pun tidak jarang mengalami tantangan saat menggunakan komputer, khususnya dalam pemakaian mouse. Jari menjadi mudah lelah bila perangkat ini tidak dibandingkan dengan pemakainya. kita dapat menolong mengerjakan penataan pada control panel supaya faedah tombol kanan dan kiri berpindah tempat.

Bermain gitar
Anak besok pun akan menikmati kesulitan bila dia bercita-cita menekuni perlengkapan musik petik seperti gitar. anda tidak dapat sekadar membalik gagang gitar ke kanan supaya dapat dipakai guna anak kidal. Seluruh senarnya juga harus dipindah posisi supaya menduduki rangkaian yang tepat. Jika anak belajar dari buku, dia harus mempelajari penempatan jari secara terbalik untuk menghasilkan kunci nada yang sama.

Menggunting
Tantangan juga dihadapi anak saat menggunakan alat gunting. Jika perlengkapan ini digunakan secara terbalik, anda tidak akan bisa menggunakannya dengan benar. Di samping hasil guntingan tidak rapi, kertas juga menjadi rusak dan tangan menjadi pegal. Anda harus mengejar gunting khusus agar anak anda yang bertangan kiri bisa tetap beraktivitas.

Memasang kancing dan menarik ritsleting
Anak kidal barangkali pun kendala ketika berpakaian, terutama ketika mengancingkan dan menarik ritsleting. Posisi lubang dan kancing pada baju tidak sedikit sekali terasa tidak nyaman guna tangan anak. Desain flap yang menutupi ritsleting celana pun malah merintangi jari saat memegang kepala kancing tarik ini. Anak harus belajar membiasakan diri menghadapinya.

Menggunakan meja bersama
Masalah sering dihadapi anak kidal dan teman sebangkunya, yaitu ketika siku mereka bersenggolan. Jika tidak ada pemahaman akan situasi mereka, hal ini dapat memunculkan percekcokan. Salah satu solusinya merupakan saling tukar antara kanan dan kiri.

Tidak melulu saat semeja di kelas, hal yang sama pun dapat terjadi saat anak menggunakan meja guna santap bersama. Jika tidak cukup ruang, siku anak bisa menyenggol siku orang di sebelahnya. Sebaiknya posisikan dia duduk paling ujung agar tidak mengganggu siapa pun.

Baca Juga :