Bahasa Indonesia Peringkat 3 Asia

Bahasa Indonesia Peringkat 3 Asia

Bahasa Indonesia Peringkat 3 Asia

Bahasa Indonesia Peringkat 3 Asia
Bahasa Indonesia Peringkat 3 Asia

Tanpa kita sadari ternyata bahasa Indonesia adalah bahasa tersulit ke 3 di Asia. Seharusnya kita sangat bangga akan hal ini. Lebih lagi, ternyata bahasa Indonesia dipelajari di 45 negara. Walaupun dari segi yang lain Indonesia masih belum bisa berkata banyak, ternyata bahasa kita sudah lebih diakui dunia.

Banyaknya kebudayaan di Indonesia kerap kali membuat negera-negera lain iri dan ingin menelitinya, bahkan ada yang mengaku atau mengklaim budaya Indonesia itu miliknya. Sebenarnya Indonesia bisa dibilang negara paling sempurna dari segi alam dan kebudayaannya. Semua ada di Indonesia, mulai dari ragam bahasa, budaya, kuliner, sumber daya alam, wisata, iklim, letak strategis, dll.

Berikut ada beberapa fakta bahwa kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia:

– Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia,

“Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia”.

– Menurut Wikipedia, bahasa Indonesia menduduki peringkat ke 26 di dunia. dan tersulit ke 3 di Asia.

“Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia bahasa Indonesia berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin”.

– Menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan komplektivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah:

1. bahasa ibrani (bahasa kaum Yahudi)
2. bahasa yunani
3. bahasa latin
4. bahasa jepang
5. bahasa korea

Sedangkan bahasa Indonesia sendiri berada diperingkat 15 di dunia. Ada kemungkinan bahasa Indonesia akan menjadi lebih dikenal dan digunakan di Asia, bahkan dunia. Semoga saja hal itu dapat terjadi, bayangkan saja jika bahasa Indonesia menjadi bahasa Asia, bahkan bahasa internasional, pasti banyak dampak positif yang bisa diraih dari situ.

Baca Juga :