Layanan prima berdasarakan konsep perhatian

Layanan prima berdasarakan konsep perhatian

Layanan prima berdasarakan konsep perhatian

Layanan prima berdasarakan konsep perhatian
Layanan prima berdasarakan konsep perhatian

Konsep perhatian (attention) dalam layanan prima adalah semua aktivitas karyawan yang berhubungan dengan upaya untuk mendengarkn dan memahami pelanggan, mengamati perilaku pelanggan, serta mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan. Berdasarkan pengertian tersebut jelas bahwa mencurahkan perhatian penuh kepada pelanggan dapat dilakukan dengan cara seperti berikut :

  • Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

Mendengarkan adalah upaya untuk mendapatkan informasi dari pelanggan yang nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan tindakan selanjutnya yang akan diberikan kepada pelanggan. Informasi yang diperoleh dari pelanggan tidak hanya tentang apa yang mereka inginkan, tetapi dapat juga berupa keluhan maupun kritik atas barang maupun jasa yang diproduksi.

  • Mengamati perilaku pelanggan

Mengamati adalah upaya untuk memperoleh informasi mengenai pelanggan melalui bahasa tubuh, gerak-gerik, maupun ekpresi wajah. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, karyawan diharapakan dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan.

  • Berpikir dan mengira

Berpikir dan mengira adalah kemampuan untuk dapat menghubungkan antara satu hal dengan hal yang lain dalam mengambil tindakan nyata melayani pelanggan. Diharapkan pelanggan dapat merasa puas karena keinginan, kebutuhan, dan harapannya dapat terpenuhi.

Layanan prima yang berdasarkan konsep tindakan

Setelah calon pelanggan mengenal barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, diharapkan calon pelanggan menghubungi perusahaan untuk mengetahui secara detil produk yang diinginkan. Dari sinilah upaya awal penerapan konsep-konsep pelayanan prima mulai diterapkan sehingga dapat meyakinkan pelanggan untuk menjatuhkan pilihan atas produk yang ditawarkan. Layanan prima berdasarkan konsep tindakan adalah rangkaian perbuatan nyata dalam rangkan memberiikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan cara mempengaruhi, merayu, meyakinkan, dan memberiikan suatu jaminan kepada calon pelanggan sehingga tertarik dan akirnya membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Beberapa konsep tindakan layanan bagi pelanggan, antara lain sebagai berikut :

  • Mencatat pesanan pelanggan
  • Menegaskan kembali pencatatan pesanan pelanggan
  • Mewujudkan pesanan pelanggan
  • Memberiikan layanan purna jual
  • Pernyataan terimakasih

Tindakan tersebut dilakukan oleh perusahaan untuk mencari dan mempertahankan pelanggan agar menggunakan produk yang ditawarkan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan pelanggan yaitu :

  • Memahami apa yang diperlukan pelanggan
  • Menawarkan solusi untuk mengatasi keluhan pelanggan
  • Membuat kesepakatan dengan pelanggan
  • Merealisasikan kesepakatan yang telah dibuat
  • Memberii setiap informasi yang dikehendaki pelanggan

Baca Juga :