Disdik Giatkan Sekolah Kinclong dan Bawa Ompreng

Disdik Giatkan Sekolah Kinclong dan Bawa Ompreng

Disdik Giatkan Sekolah Kinclong dan Bawa Ompreng

Disdik Giatkan Sekolah Kinclong dan Bawa Ompreng
Disdik Giatkan Sekolah Kinclong dan Bawa Ompreng

Sebagai tempat siswa menimba ilmu, sekolah harus indah dan bersih agar peserta didik

bisa merasa nyaman. Oleh karena itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin, punya program sekolah harus kinclong. Artinya, bersih dalam segala hal, baik lingkungan, makanan yang dikonsumsi dan cara berpakaian.

Pria yang akrab disapa Fahmi ini menambahkan, kebersihan sebagian dari iman, maka penting dan harus diperhatikan bukan hanya lingkungan sekolah yang harus bersih, tapi jajanan atau makanan siswa harus higienis agar aman saat dikonsumsi. Untuk itu, ia menganjurkan para siswa membawa bekal dari rumah dengan pola makan menu 4 sehat 5 sempurna. Bekal harus ada sayur dan ikan yang dibawa siswa dalam ompreng.

”Saya berharap semua siswa di Kota Bogor sehat, dengan pola makan higienis

, mengingat jika semua sudah dimulai dari pola hidup sehat, maka akan muncul siswa yang smart bahkan berprestasi. Sudah banyak sekolah di Kota Bogor yang mengimplementasikan sekolah sehat, bahkan ada yang sampai memperoleh adiwiyata,” katanya.

Ke depan, lanjut Fahmi, program ini bisa diterapkan di semua sekolah. Bahkan menjadi penerapan pendidikan terhadap siswa.

Sebab, ini merupakan tanggung jawab bersama, karena mewujudkan sekolah bersih,

sehat dan nyaman dibutuhkan tanggung jawab semua pihak bukan hanya guru tapi siswa pun harus berperan aktif dalam mewujudkannya. ”Jika program ini bisa membawa dampak positif bagi siswa akan diusulkan mempunyai payung hukum yang dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor, sehingga menjadi bagian dalam proses belajar siswa. Bahkan 2019 bisa menjadi program pembelajaran yang terintegrasi dalam kurikulum,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://s.id/78Zff