Hal Memberikan Instruksi pada Anak Usia Dini

Hal Memberikan Instruksi pada Anak Usia Dini

Sejak umur dini, anak telah dapat mengetahui sebuah instruksi dari orang tuanya, tidak boleh heran bila terkadang ketika Ayah bunda meminta sesuatu maka anak bakal mengikutinya cocok permintaan orang tuanya. Misalnya ketika kita meminta anak guna tersenyum, ciluk ba, memungut barang, dan lain-lain. Itu dengan kata lain anak dapat mengetahui instruksi orang tua dengan baik.

Kita mesti mengetahui bahwa anak pun mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi, anak pun ingin diacuhkan dan disayang ayah bundanya. Maka dari itu supaya instruksi yang anda berikan tidak terkesan memaksa anak, anda harus mengetahui 5 urusan berikut ini:

1. Berikan instruksi dari jarak dekat
Jika kita menyerahkan instruksi dari jarak dekat, maka memungkinkan kita memakai suara yang lembut terhadap anak. Berbeda dengan jarak jauh maka volume suara bakal lebih besar supaya dapat didengar oleh anak. Anak paling peka terhadap suara, anak bakal senang dan menjadi lebih tenang andai orang tua menyerahkan instruksi dengan lembut dan tidak berteriak. Anak bakal melakukan kemauan orangtua dengan tulus tanpa paksaan.

2. Sentuhan kasih sayang
Bagi anak-anak, sentuhan dari orang tua sangatlah berarti. Memberikan instruksi untuk anak dengan teknik mendekati anak kemudian menepuk bahunya, mengelus kepala, atau memegang tangan ialah hal yang penting.

3. Tatap mata buah hati kita
Mata ialah jendela hati. Kasih sayang yang tulus bakal terpancar dari tatapan mata. Tatap mata anak ketika kita berkeinginan memberikan instruksi kepadanya. Hal ini bakal membuatnya lebih tenang dan yakin bahwa apa yang diperintahkan orangtua ialah demi kebajikan sang anak.

4. Kata-kata yang jelas
Terkadang anak-anak susah mengetahui instruksi, sebab kalimatnya tidak cukup jelas atau terlampau panjang. Perhatikan pun suara Anda. Anak-anak seringkali cenderung lebih mau memperhatikan suara yang tegas, jelas, dan intonasi yang baik tetapi tidak membentak lagipula berteriak.

5. Berikan reward atau perkataan terima kasih yang tulus
Bila anak sudah mengerjakan apa yang anda minta, tidak boleh lupa untuk menyampaikan terima kasih. Ucapan terima kasih juga dapat diberikan sesudah kita berlalu memerintah buah hati. Terima kasih dari orang tua ialah penghargaan yang istimewa. Dengan menyampaikan terima kasih, kita sudah mengajarkan anak teknik menghargai orang lain.

Sumber : https://www.studybahasainggris.com