Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak

Manfaat Tidur Siang untuk Perkembangan Anak

Tidak melulu untuk mengisi kebutuhan, istirahat siang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pertumbuhan anak Anda. Berikut ini ialah 4 guna tidur siang untuk anak Anda.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Tidur yang lumayan dapat meningkatkan fokus anak menerima latihan di sekolah. Penelitian dari University of Arizina mengindikasikan tidur siang bermanfaat untuk anak di atas 1 tahun. Tidur siang dapat menolong anak meningkatkan keterampilan memproses informasi. Saat durasi istirahat anak cukup, mereka bakal menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi dengan maksimal.

Mengembalikan Tenaga yang Hilang

Anak-anak menguras tenaga yang dipunyai untuk bermain dan belajar. Meskipun mereka tidak jarang kali memilih pekerjaan yang menyenangkan, bukan berarti anak tidak kelelahan.

Kelelahan itu akan terbayar sesudah mereka tidur. Saat tidur, benak dan jasmani anak bisa beristirahat dengan maksimal. Tubuh mereka pulang segar ketika bangun istirahat untuk melanjutkan aktivitas.

Bagi anak-anak, istirahat adalahpengobat rasa sakit. Anak-anak paling rentan dengan penyakit yang tidak jarang datang tiba-tiba, contohnya demam, flu, panas, dan sakit gigi. Tidur yang lumayan akan meminimalisir sakit yang dialami anak. Saat tidur, tubuh mengerjakan fase pemulihan yang lumayan baik. Sayangnya, anak yang sedang sakit tidak jarang rewel sampai-sampai sulit untuk disuruh tidur siang.

Menjaga Suasana Hati

Anak yang tidak cukup tidur bakal mengalami keletihan fisik. Ciri-cirinya mereka lebih mudah khawatir dan sulit diprediksi keinginannya. Kelelahan jasmani ternyata berdampak juga pada keadaan hati anak. Mereka seringkali rewel ketika tidak menemukan durasi istirahat yang cukup.

Manfaat istirahat siang pun membuat anak lebih bahagia. Anak yang tidak cukup tidur gampang rewel dan menangis. Mereka bakal mudah khawatir dan stres. Kondisi tersebut menciptakan anak tidak bahagia.

Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Medical School Harvard University mengerjakan penelitian tentang guna tidur siang untuk anak. Hasilnya lumayan mencengangkan. Anak yang rutin istirahat siang mempunyai pertumbuhan yang lebih optimal. Mengapa demikian?

Tidur siang ternyata efektif menambah hormon perkembangan anak. Human-Growth Hormone (h-Gh) aktif mengalir dalam darah ketika anak istirahat siang. Hormon itu diproduksi oleh benak dalam situasi istirahat. Di samping h-Gh, ketika tidur diproduksi pun hormon-hormon lainnya yang menunjang perkembangan anak. Misalnya hormon gondok, ginjal, tulang, dan otot.

Setelah kita mengetahui guna tidur siang, usahakan anak melakukannya terus-menerus. kita sebagai orang tua yang menata jadwal anak pun harus arif memberikan masa-masa istirahat yang cukup.

Persoalan timbul saat anak sulit dirayu untuk istirahat siang. Mereka lebih tertarik guna bermain pada siang hari. Anda mesti tegas guna tidak memperbolehkan anak bermain di luar lokasi tinggal saat jam tidur. Anda pun tidak boleh memperbolehkan anak memegang gawai pada jam istirahat siang.

Agar lebih efektif, ajak pun kakak atau adik untuk istirahat bersama. Cara tersebut lumayan ampuh sebab anak tentu akan ikut terlalap ketika orang-orang di sekitarnya pun tidur. Di samping itu, anak yang terjaga pun tidak mempunyai teman bermain.

Sumber : http://gb.ieatpe.org.tw/gate/gb/www.pelajaran.co.id/