POKOK PERHATIAN TEORI GEORG SIMMEL

POKOK PERHATIAN TEORI GEORG SIMMEL

POKOK PERHATIAN TEORI GEORG SIMMEL

POKOK PERHATIAN TEORI GEORG SIMMEL
POKOK PERHATIAN TEORI GEORG SIMMEL
 Asal Dan Silsilah
Simmel adalah seorang filosof  dan sosiolog dari Jerman yang lahir di pusat kota Berlin pada tanggal 1Maret 1858, anak dari 7 bersaudara. Ayahnya adalah pengusaha sukes dari Yahudi yang beraliran katolik, sedangkan ibunya mengkonversi ke aliran protestan. Ayahnya meninggal saat Simmel masih muda, lalu Julius Friedlander ditunjuk sebagai walinya. Friedlander adalah teman dari keluarga Simmel dan pendiri penerbit internasional.
¨B. Latar Belakang Pendidikan
Julius meninggalkan kekayaan untuk Simmel yang dapat digunakannya untuk bersekolah hingga sarjana. Setelah lulus dari kuliah gymnasium, ia mempelajari sejarah dan filsafat di Universitas of Berlin dengan tokoh lain dan memperoleh gelar doctor filsafat pada tahun 1881 ( dengan tesisnya, “The Neture of Master Accordig to Kart’s Physical Monocologi” . Ia tetap di Universitas Berlin hingga selesai kuliah, tidak seperti mahasiswa lain yang gemar berpindah-pindah. Karena itu ia menjadi privat dozen (1901) dan diangkat menjadi Profesor Ausserordentliche oleh pemilik akademi. Dan sejak saat itu, ia mulai produktif terhadap karya-karya dan terkenal hingga USA dan Eropa.
1. KESADARAN INDIVIDU
2. KONSEP SOSIOLOGI
3. REALITAS SOSIAL
4. INTERAKSI SOSIAL
5. PENGARUH JUMLAH PADA BENTUK SOSIAL
6. KREATIFITAS INDIVIDU VERSUS BENTUK BUDAYA YANG MAPAN.
7. UANG DAN NILAI
8. KRITIK TERHADAP TEORI G. SIMMEL
¨

KESADARAN INDIVIDU

¨Manusia memiliki kesadaran kreatif
¨Basis kehidupan sosial adalah individu atau kelompok individu yang sadar dan berinteraksi satu sama lain  untuk beragam motif, kepentingan dan tujuan.
¨Aktor mengorientasikan diri secara sadar kepada sesamanya
¨Meski struktur sosial memiliki hidupnya sendiri, orang harus mengonseptualisasi struktur-struktur tersebut agar bisa memiliki pengaruh pada dirinya
¨Masyarakat tidak sekedar”ada di luar sana”, namun juga “menjadi representasi saya”(internalisasi)

Sumber : https://downloadapk.co.id/