SMK Penerbangan Angkasa Simulasi UNBK

SMK Penerbangan Angkasa Simulasi UNBK

SMK Penerbangan Angkasa Simulasi UNBK

SMK Penerbangan Angkasa Simulasi UNBK
SMK Penerbangan Angkasa Simulasi UNBK

SMK Penerbangan Angkasa Bogor, Lanud Atang Sendjaja (Ats), mengadakan simulasi ujian

nasional berbasis komputer (UNBK). Simulasi dilakukan terhadap 242 siswa kelas 12 yang pada April 2018 mendatang akan menghadapi ujian nasional.

Wakil Kepala SMK Pene­rbangan Angkasa Bogor, Mayor Tek M. Fazry mengatakan, terdapat 121 hardware atau komputer yang disediakan sekolah untuk kegiatan UNBK mendatang.

“Kami mengadakan komputer dan saat ini yang kami ujikan digunakan untuk simulasi peserta UNBK mendatang,” ujar Fazry kepada Radar Bogor.

Fazry menjelaskan, terdapat peningkatan ketersediaan kom­puter yang

dipersiapkan sekolah. Jika sebelumnya kurang dari 121, sehingga ujian dila­kukan tiga sesi. Namun kini cukup dua sesi saja karena jum­lah­nya mencakup setengah siswa. “Jadi sesi pagi dan siang,” imbuh­nya.

Kegiatan simulasi ini, menurut Fazry, agar siswa mengetahui langkah-langkah pengerjaan dengan sistem UNBK ini dengan baik dan benar. Sehingga siswa terhindar dari kesalahan fatal dan lebih siap dengan alat yang mereka gunakan untuk ujian. “Jangan sampai alat ini yang menjadi kendala ujian mereka,” tegas Fazry.

Lebih lanjut Fazry menjelaskan, sistem UNBK yang nanti digelar adalah UNBK kedua. Untuk itu, guru harus lebih siap membimbing siswa, berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya.

“Sistem UNBK ini menurut saya sangat baik. Selain kerahasiaan soal lebih terjamin,

murid-murid juga lebih sulit saling bekerja sama, karena setiap komputer kan soalnya berbeda,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mem­persiapkan siswa dalam ujian nasional, pengayaan atau pelajaran tamabahan juga diberikan kepada seluruh siswa kelas 12. “Bukan hanya simulasi, pastinya, pelajaran-pelajaran tam­bahan juga mereka dapatkan di luar jam pelajaran untuk mendukung kesiapan menjawab soal-soal UN nantinya,” tutupnya.

 

Baca Juga :