Biografi Lee DeForest

Table of Contents

Biografi Lee DeForest

Selain Marconi, orang yang ikut berjasa di dalam perkembangan teknologi radio adalah Lee DeForest. Ia adalah seorang pakar fisika berasal dari Amerika Serikat yang sukses mendapatkan triode atau tabung audion pada th. 1906. De Forest lahir di Council Bluff, Lowa, Amerika Serikat pada tanggal 26 Agustus 1873. Ia sering disebut sebagai ayah radio, kakek televisi, doktor fisika, dan juga telah sukses menciptakan 300 penemuan.

Triode atau tabung audion adalah sebuah alat penting yang banyak digunakan pada radio,telepon, radar, televisi, dan komputer. Pada th. 1912, De Forest mendapatkan bahwa triode atau tabung audion dapat dipakai sebagai penguat isyarat listrik dan pembangkit osilasi. Saat itu triode banyak digunakan di dalam berbagai alat komunikasi, tapi sejak th. 1947 triode diganti oleh teknologi transistor. Meskipun teknologi triode yang ia ciptakan terganti bersama teknologi yang lain, tapi De Forest selamanya dianggap sebagai tokoh terkemuka di bidang elektronik.

De forest terlahir berasal dari keluarga pendeta. Ayahnya merupakan seorang pendeta fanatik yang inginkan dan buat persiapan De Forest untuk jadi pendeta seperti dirinya. Ketika berusia 6 tahun, ia bersama keluarganya ganti ke Alabama. Sebagai seorang pendeta yang baik, keluarga De Forest selamanya membela kaum yang lebih lemah. Ayah De Forest mendirikan sekolah untuk orang-orang negro meskipun
mendapatkan tentangan yang besar berasal dari orangorang kulit putih.

De Forest didik bersama keras dan disiplin oleh ayahnya sehingga jadi seorang pendeta. Pun begitu, perihal tersebut tidak menyurutkan minat dan bakatnya di dalam dunia mesin. Ia bukannya lebih mendalami pengetahuan mengenai ketuhanan, tapi jadi mencurahkan perhatiannya di dalam mempelajari teknologi mesin. Pada umur 30 th. ia gemar mengakibatkan mesin uap mini dan lokomotif mini.

Ketika berusia 20 th. (1893), De Forest diterima di Universitas Yale. Karena keterbatasan ekonomi keluarga, De Forest terpaksa mengikuti kuliah sambil bekerja kasar. Banyak orang yang menilai bahwa sesungguhnya De Forest tidak juga mahasiswa yang cerdas. Meskipun demikian, pada th. 1899 ia sukses capai gelar doktor fisika, bersama disertasinya mengenai gelombang radio.

Setelah meraih gelar doktor, De Forest bekerja pada Western Electric Company di
Chicago, Amerika Serikat. Ia bekerja di anggota dinamo, telepon, dan laboratorium eksperimen. Pada th. 1902, De forest mendirikan perusahaan telegraf. Selanjutnya pada th. 1907, ia mendirikan perusahaan telepon. Namun sebab kurang bakat dalam
berwirausaha, perusahaan De Forest akhirnya bangkut. Kelemahannya terdapat pada
kesukarannya di dalam memilih karyawan yang baik dan enteng ditipu oleh orang lain. Dari
segi kepribadian, De Forest juga orang yang sukar menyita keputusan, individualis, dan egosentris. Setelah berkarir sepanjang kurang lebih 55 tahun, De Forest menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 30 Juni 1961 di Hollywood, California pada umur 88 tahun.

Sumber  : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :