Biografi Guglielmo Marconi (Sang Penemu Radio)

Biografi Guglielmo Marconi (Sang Penemu Radio)

Guglielmo Marconi merupakan keliru satu orang yang berjasa di dalam pertumbuhan dunia
penyiaran dunia, khususnya di dalam penemuan radio. Ia lahir di Bologna, Italia terhadap tahun
1874. Guglielmo Marconi berasal dari keluarga berada. Pada umur 20 tahun, ia melakukan uji coba terhadap percobaan-percobaan yang dulu ditunaikan oleh Heinrich Hertz. Percobaan berikut menyatakan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang tak kasat mata, mampu bergerak, serta mampu mengemukakan pesan-pesan khusus melalui udara.

Pada era-era sebelumnya, ditemukan teknologi penyampaian pesan melalui jaringan kabel atau kawat tembaga, seperti telegram. Dari teori dan percobaan yang ditunaikan Heinrich Hertz, Marconi coba melakukan terobosan baru bersama memicu alat komunikasi nonkabel, yaitu radio. Hal berikut berasal dari pemikiran bahwa gelombang elektromagnetik mampu dimanfaatkan untuk mengirim sinyal atau pesan yang melintasi jarak jauh bersama tanpa dukungan kabel. Dengan langkah tersebut, orang-orang terhadap era itu mampu lebih gampang berkomunikasi bersama orang lain, sekiranya pengiriman pesan atau berita ke kapal yang sedang berada di sedang laut.

Untuk memicu teknologi radio yang diinginkan, Marconi mesti bekerja keras selama
bertahun-tahun. Pada th. 1895, Marconi sukses mengolah peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan radio. Satu th. seterusnya yaitu terhadap th. 1896, Marconi memperagakan radio ciptaannya di Inggris, sekaligus beroleh hak paten pertama atas temuannya. Setelah temuannya dianggap dan beroleh hak paten, Marconi mendirikan perusahaan radio dan mengirimkan siaran pertamanya terhadap th. 1898. Pada tahun-tahun selanjutnya, ia konsisten mengembangkan penemuannya tersebut. Satu th. setelah penyiaran pertamanya, ia sukses mengirimkan pesan tanpa kabel bersama lewat selat Inggris. Pada th. 1901, ia berhasil
mengirimkan berita radio dari Inggris ke Newfoundland yang melintasi Samudera Atlantik. Pada th. 1910, Marconi sukses mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, yang berjarak lebih dari 6000 mil.

Penemuan Marconi ternyata sangat berfungsi bagi kehidupan manusia. Hal berikut sangat mulai saat kapal S.S. Republik rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut terhadap th. 1909. Berita yang disampaikan melalui radio yang ada di kapal sangat menopang di dalam evakuasi korban. Alhasil, semua penumpang yang berada di kapal S.S. Republik sukses diselamatkan, jika 6 orang. Berkat temuannya tersebut, Marconi meraih hadiah nobel terhadap th. 1909.

Sebagaiman kita tahu, pengiriman pesan melalui radio biasanya berwujud suara. Namun
pada saat itu, berita atau pesan yang dikirimkan melalui radio tetap berwujud gejala proses kode Marconi. Baru terhadap th. 1915, pengiriman pesan radio berwujud nada seperti sekarang. Sedangkan penyiaran radio komersial baru terjadi terhadap awal th. 20-an, di mana pertumbuhan dan kepopulerannya berkembang bersama sangat cepat.

Pada th. 1914, terjadi pertentangan di pengadilan terkait bersama hak paten penemuan
Marconi yang bernilai sangat tinggi. Namun perihal berikut tidak terjadi lama, tuntutan
pengadilan berikut kelanjutannya hilang seiring bersama pernyataan pengadilan terhadap hak-hak Marconi atas penemuannya. Masalah yang menimpanya ternyata tidak menyurutkan
semangat Marconi untuk konsisten berkarya. Pada th. 1915, ia melakukan penyelidikan dan percobaan gelombang pendek dan komunikasi microwave. Baru terhadap th. 1937, Marconi menghembuskan nafas terakhirnya.

Secara langsung, Marconi punyai andil yang besar terhadap pertumbuhan teknologi
penyiaran dunia. Radio hasil ciptannya sukses mendorong temuan-temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan penyiaran, seperti televisi. Marconi sesungguhnya tidak mendapatkan televisi, tapi radio ciptaannya lah yang merangsang ilmuwan-ilmuwan lain untuk mendapatkan televisi. Dengan kata lain, radio ciptaan Marconi merupakan cikal bakal teknologi penyiaran.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :