AJAK SELURUH PIHAK BERSAMA SUKSESKAN PEMILU

AJAK SELURUH PIHAK BERSAMA SUKSESKAN PEMILU

 

KEPANJEN

Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM hadir pada Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS dalam rangka pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Legislatif tahun 2019, di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Selasa (16/4) pagi. Apel ini diikuti oleh personil gabungan dari TNI/Polri, Dishub, BPBD, dan Satpol PP Kabupaten Malang. Kapolres Malang, AKBP. Yade Setiawan Ujung dan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0818 /Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf. Ferry Muzzawad. Tampak juga hadir pada kegiatan diantaranya Kejari Kepanjen, Abd Qohar, Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, perwakilan dari Pengadilan Negeri Kepanjen. Seluruhnya bertekad Pemilu tahun 2019, pada 17 April besok, berjalan aman dan lancar.

Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu

Wabup bersama Kapolres Malang dan Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu dan tamu undangan yang hadir pada apel ini pun turut melakukan sidak kesiapan personil. Dengan kompak, mereka berjalan mendekat hingga di depan barisan peserta apel. Sembari bertanya, mereka ingin mengetahui secara langsung kesiapan para personil yang hendak di lepas ke masing-masing titik penugasan yang tersebar di seluruh wilayah se Kabupaten Malang. Tak ketinggalan, menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di wilayah hokum Polres Malang. Usai apel, Wabup bersama Kapolres Malang dan Dandim 0818 melanjutkan giatnya dengan memberangkatkan distribusi logistik pemilu di Kantor Kecamatan Kepanjen dan TPS di wilayah Kecamatan Kepanjen.

Pemerintah Kabupaten Malang

‘’Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, saya menyambut baik pelaksanaan apel ini. Tentu kita berharap seluruh komponen di wilayah Kabupaten Malang bervisi misi yang sama dalam mewujudkan keamanan, guna menyukseskan Pemilu tahun 2019. Pesta demokrasi terbesar, tanggal 17 April besok menjadi hari bersejarah bangsa Indonesia, karena pertama kalinya pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilu Legislatif  diselenggarakan secara serentak. Dituntut optimalisasi tugas Tiga Pilar Plus dalam memperkuat sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, Polri dalam sukses pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Utamanya, saat pencoblosan di bilik suara, maupun pada saat perhitungan suara di setiap TPS,” pesan Wabup.

KPUD Kabupaten Malang

Di wilayah Kabupaten Malang sendiri, berdasarkan data dari KPUD Kabupaten Malang tercatat sebanyak ± 1.996.857 DPT, dan 8.409 TPS, dengan 77.000 petugas. Sedangkan pengamanan di seluruh TPS se Kabupaten Malang melibatkan pengamanan langsung dari ± 16.818 anggota Satlinmas Desa/Kelurahan, untuk pengamanan tidak langsung melibatkan ± 8.150 anggota Satlinmas Desa/Kelurahan maupun Kecamatan. Khusus untuk anggota Satlinmas Kabupaten Malang yang terlibat tercatat nantinya sebanyak 24.968 personil.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menyampaikan, apel ini dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres. Polri/TNI dan instansi lainnya telah siap dalam mengamankan dan melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di wilayah hukum Polres Malang. Sebanyak 2095 personil gabungan dari TNI/Polri dan intansi lainnya disiapkan untuk pengamanan. Ia berharap, pada saatnya bertugas rekan-rekan semuanya unsur pengamanan dapat melaksanakan semua dengan baik, bertugas dengan rasa keikhlasan dan penuh tanggung jawab serta senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan.

‘’Sinergi yang sudah kompak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Malang supaya tetap dipertahankan. TNI dan Polri siap mengawal Pemilu 2019 dengan aman, tertib, kondusif dan sejuk. Pada masyarakat, datanglah ke TPS, jangan takut untuk adanya intimidasi. Kami menjamin keamanan seluruh masyarakat Kabupaten Malang untuk menggunakan hak pilihnya,” tandas Kapolres dalam sambutannya dan disampaikan kembali diwawancara awak media.

Terpisah, Dandim 0818/Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf. Ferry Muzawwad menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan para anggota Kodim untuk melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu. Dari aparat TNI telah menyiapkan 1400 personil yang diserahkan kepada Kapolres Malang agar satu komando Polres Malang. Personil itu dikerahkan untuk mengamankan jalannya pemilu, agar berjalan lancar dan sukses.

Kriteria lancar dan sukses indikator keduanya adalah aman

Pemilu yang lancar sukses tanpa dibarengi rasa aman dikatakan tidak sukses. Begitupun sebaliknya. Semua pasukan disini untuk bertanggung jawab akan tugasnya, serta memahami dan menjalankan apa yang menjadi tugasnya,” pungkas Ferry dalam sambutannya.

 

Artikel terkait :