Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning

Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning

Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning

Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning
Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning

harus memperbanyak pengetahuan mereka secara proaktif dibandingkan hanya menunggu pengetahuan yang diberikan sang guru. Caranya dengan menggunakan metode belajar secara mandiri.

Belajar secara mandiri akan menjadi metode belajar

yang sangat efektif jika digunakan dengan baik, khususnya sebelum ujian. Tentu saja dalam belajar secara mandiri ini membutuhkan banyak penentuan, disiplin, dan ketekunan.

Berikut beberapa tips untuk membantu anda melakukan proses belajar secara mandiri, dan efektif melalui e-learning:

Tentukan Pencapaian atau Target yang Masuk Akal

Menentukan target untuk diri anda sendiri merupakan prasyarat dalam menggapai sukses. Anda tidak bisa mengikuti suatu arah tanpa memiliki tujuan. Bagaimanapun, target ini haruslah realistis dan cocok dengan kemampuan anda.

Anda tidak seharusnya membuat target yang tidak bisa dicapai

. Alasannya jika gagal, Anda akan frustasi dan menyerah. Tergantung pada jadwal Anda. Anda bisa mengatur jumlah bab yang harus anda baca pada sore hari, jumlah latihan yang harus diselesaikan pada siang hari dan jumlah kemampuan yang didapat setiap minggunya, begitupun seterusnya. Meningkatkan target secara bertahap merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan Anda.

2. Temukan Metode Belajar yang Paling Tepat

Ada berbagai macam metode belajar seperti peta pikiran, mencatat

, mengajari orang lain untuk menguji diri sendiri, dan lain-lain. Jadi, Anda harus menemukan metode belajar yang paling cocok untuk membuat Anda tertarik setiap kali Anda belajar agar Anda dapat memperoleh pengetahuan dengan cara yang mudah dan sistematik.

3. Revisi Materi Setelah Selesai Belajar
Setelah mencatat pelajaran dari kelas online atau membaca sebuah bab di buku, Anda harus mengulang kembali semua materi dengan menulis ulang, mengucap dan mengekspresikan ulang, atau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Upaya ini dapat membantu otak untuk mengingat secara mudah dan sistematis. Bahkan, Anda akan memahami lebih baik mengenai topik yang telah Anda pelajari.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/contoh-teks-ulasan-novel-boy-chandra-surat-kecil-untuk-ayah/