Ciri Dari Apresiasi Matematika

Ciri Dari Apresiasi Matematika

Ciri Dari Apresiasi Matematika

Ciri Dari Apresiasi Matematika
Ciri Dari Apresiasi Matematika

Apresiasi matematika dapat ditunjukkan dengan baerbagai cara

Menurut Polking (dalam Syaban, 2009), beberapa indikator apresiasi matematika adalah: (1) sifat rasa percaya diri dan tekun dalam mengerjakan tugas matematika, memecahkan masalah, berkomunikasi matematis, dan mampu memberi argumen matematis; (2) sifatfleksibel dalam menyelidiki, dan berusaha mencari alternatif pemecahkan masalah; (3) menunjukkan minat dan rasa ingin tahu, (4) sifat ingin memonitor dan merefleksikan cara berpikir; (5) berusaha mengaplikasikan matematika ke dalam situasi lain, (6) menghargai peran matematika dalam kultur dan nilai, menghargai peran matematika sebagai alat dan bahasa.

Sementara menurut Kilpatrick, Swafford, dan Findell

(2001, dalam Syaban, 2009:2) indikator apresiasi matematis adalah sebagai berikut: (1) menunjukkan gairah dalam belajar matematika, (2) menunjukkan perhatian yang serius dalam belajar, (3) menunjukkan kegigihan/ketekunan dalam menghadapi permasalahan, (4) menunjukkan rasa percaya diri dalam belajar dan menyelesaikan masalah, (5) menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, serta (6) kemampuan untuk berbagi dengan orang lain.

Selanjutnya, NCTM (dalam Syaban, 2009)

Menyebutkan lima hal penting yang perlu dimiliki siswa dalam mempelajari matematika yaitu (1) kesadaran dan sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, (2) sikap rasa ingin tahu, (3) perhatian, dan (4) minat dalam mempelajari matematika, serta (5) sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah”. Kelima hal ini disebut disposisi matematis yang tidak lain adalah bentuk apresiasi terhadap matematika.

KESIMPULAN

Dari beberapa pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa:
  1. Apresiasi matematika adalah segala bentuk penilaian siswa dalam memandang, menyadari, menghargai dan meyakini matematika sebagai sesuatu yang penting dan bermanfaat bagi dirinya, sesuai yang dikenalnya, sehingga mengembangkan perilaku dan rasa ingin tahu dalam mengevaluasi dan meningkatkan pengetahuan matematika yang dimilikinya.
  2.  Makin tinggi tingkat apresiasi matematika, makin tinggi motivasi belajar sehingga makin tinggi juga prestasi belajar siswa.

Apresiasi matematika ditunjukkan dengan hal-hal (menurut NCTM, dikutip dari Astawa, 2011):

Baca Juga :