Berangkatkan Jalan Sehat, Launching Bank Sampah Hingga Hadiri Sarasehan

Berangkatkan Jalan Sehat, Launching Bank Sampah Hingga Hadiri Sarasehan

Berangkatkan Jalan Sehat, Launching Bank Sampah Hingga Hadiri Sarasehan

Berangkatkan Jalan Sehat, Launching Bank Sampah Hingga Hadiri Sarasehan

Wabup Malang Kunjungi Perpustakaan Peraih Juara Nasional di Desa Gampingan

PAGAK – Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM hadir pada acara sarasehan warga Desa Gampingan dengan tema “Transformasi Perpustakaan Desa” dan melaunching Bank Sampah Desa Gampingan Bersinar, di Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Minggu (30/12) pagi. Pak Sanusi, sapaan akrab Wabup juga berkesempatan memberangkatkan peserta jalan sehat sebagai rangkaian kegiatan pembuka yang diprakarsai oleh Perpustakaan Gampingan Gemar Membaca (GGM) desa setempat.

Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang

Wabup menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dan dapat membawa manfaat, khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM di Desa Gampingan. Dengan demikian, kata Pak Sanusi, Desa Gampingan nantinya dapat mendukung pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara umum. Ia juga berterima kasih dan berikan apresiasi tinggi kepada seluruh pengurus dan keluarga besar Perpustakaan GGM yang mendapat penghargaan sebagai perpustakaan desa terbaik di tingkat nasional.

”Tepat hari ini, Perpustakaan GGM bersama Pemerintah Desa Gampingan menggelar rangkaian kegiatan ini yang tentunya juga akan memberi dampak positif terutama bagi masyarakat yang gemar membaca dan menyukai perpustakaan, serta punya kepedulian lingkungan tinggi. Moment seperti ini harus segera diikuti dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif, guna menjadikan Perpustakaan GGM tidak hanya digunakan sebagai pusat belajar dan sumber literasi, namun juga dapat dijadikan sebagai media promosi bagi Desa Gampingan,” tegas Wabup di depan warga dan peserta jalan sehat. https://bandarlampungkota.go.id/blog/contoh-report-text/

Dalam kesempatan ini

Pak Sanusi menyampaikan segala potensi dan keunggulan yang dimiliki Desa Gampingan dapat dikemas untuk selanjutnya dimuat dengan baik. Seperti Perpustakaan GGM tentunya harus dapat dijadikan sebagai jendela bagi masyarakat luas yang ingin mengenal Desa Gampingan. Sedangkan Bank Sampah Gampingan Bersinar yang baru diresmikannya, dapat diikuti dengan kesadaran dan kemauan masyarakat menjadikan sampah sebagai berkah. Ia berpesan kepada masyarakat agar menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan sekitar, karena lingkungan yang sehat akan mendukung produktifitas dan nantinya dapat dijadikan modal awal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gampingan.

”Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan limbah sampah menjadi sesuatu yang berharga, misalnya untuk membuat kerajinan, hiasan, aksesoris, menghasilkan komposter, pakan ternak, dan masih banyak lagi. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Malang, untuk mengelola dan memanfaatkan sampah sebaik mungkin dengan program satu desa, satu bank sampah. Diharapkan adanya Bank Sampah Gampingan Bersinar, masyarakat Desa Gampingan semakin peka terhadap isu tentang sampah, serta membekali diri dengan edukasi terkait pengolahan sampah secara mandiri. Serta sekaligus mendukung salah satu strategi pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang yaitu penguatan daya dukung lingkungan hidup,” ujar Wabup didampingi sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Malang.

Pak Sanusi mengajak masyarakat agar turut merubah pola kehidupan masyarakat sebagai penghasil sampah menjadi masyarakat yang mengolah sampah. Pak Sanusi mengingatkan, rangkaian kegiatan ini semakin membuat masyarakat dalam menjaga jalinan silaturahmi dan rasa persaudaraan antar warga. Seluruh masyarakat Desa Gampingan untuk bersama-sama menguatkan sinergitas dan kerjasama, mulai dari jajaran Pemerintah Desa, BUMDes hingga tokoh masyarakat.

”Ayo kita bangun kehidupan masyarakat Desa Gampingan yang sehat, dengan lingkungan berseri serta didukung oleh kualitas SDM yang baik. Dengan demikian, sarasehan yang bertema ”Transformasi Perpustakaan Desa” dan Launching Bank Sampah Gampingan Bersinar, serta jalan sehat secara resmi saya buka,” tegas Wabup.

Desa Gampingan yang menjadi pintu gerbang Kecamatan Pagak dan dibawah arahan Kepala Desa

Hj. Ila Husnah, SH ini memiliki sejumlah potensi diantaranya perpustakaan desa berlabel juara Nasional berdiri dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Gampingan juga memiliki potensi pasar desa dengan terdiri dari 32 ruko dan pasar sayur yang dikelola oleh Bumdes, wisata Mahoni Dempok yang terus dikembangkan dengan memiliki 14 warung yang menyajikan olahan ikan segar dan 15 pedagang ikan segar yang keseharian sebagai nelayan, Wisata Lembah Kera dengan andalan terdapat tebing yang sudah mulai dikenal pecinta alam, dan Bank Sampah yang baru dilaunching pngelolaan dan bermanfaat bagi warga.