Manfaat Luar Biasa Buah Asam Manis Dan Nanas

Manfaat Luar Biasa Buah Asam Manis Dan Nanas

Manfaat Luar Biasa Buah Asam Manis Dan Nanas

Manfaat Luar Biasa Buah Asam Manis Dan Nanas
Manfaat Luar Biasa Buah Asam Manis Dan Nanas

 

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang mempunyai kombinasi rasa asam dan manis. Di Indonesia, nanas biasanya dijadikan buah pelengkap dalam rujak bersama timun, bengkuang, mangga muda dan pepaya. Beda halnya di Thailand, buah berwarna kuning yang dikelilingi duri-duri halus ini dijadikan campuran dalam sajian menu nasi goreng negara Seribu Pagoda tersebut.

Sering dipandang remeh karena rasanya yang asam dan manis, nanas punya banyak manfaat luar biasa lho buat kesehatan. Mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral, buah nanas bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menyembuhkan luka.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu porsi buah nanas mengandung lebih dari 130% kebutuhan vitamin C harian untuk manusia, hal tersebut menjadikan nanas sebagai salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat.

Vitamin C yang terkandung dalam nanas dapat membantu mengurangi penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk mempertahankan efek berbahaya dari radikal bebas. Dengan kata lain, mengkonsumsi nanas bisa bikin metabolisme tubuh kamu kuat sehingga nggak gampang terserang penyakit deh.

Menyembuhkan luka dengan cepat

Nggak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C yang ada pada nanas ternyata juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena vitamin C yang ada pada nanas dapat menciptakan kolagen yang merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ dan tulang.

Mencegah kanker

Selain kaya akan kandungan vitamin C, nanas juga kaya kandungan berbagai antioksidan, termasuk vitamin A, betakaroten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid dan tingkat manganese yang tinggi. Manganese merupakan komponen penting superoksida dismutase, pemulung radikal bebas yang sangat manjur untuk membantu pencegahan kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan dan payudara.

Membantu melancarkan pencernaan

Mengonsumsi nanas secara teratur ternyata juga bisa membantu kamu dalam melancarkan saluran pencernaan agar terhindar dari diare, sindrom iritasi usus besar, pembekuan darah serta tekanan darah tinggi. Kandungan nanas yang kaya serat dapat melancarkan perjalanan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal dan merangsang pelepasan cairan lambung yang membantu makanan menjadi larut.

Kandungan bromelain yang ada pada nanas juga mampu mengurangi peradangan usus dan mampu mengobati penyakit pencernaan.

Mengobati batuk

Kandungan bromelain dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang ada pada nanas juga bisa membantu mencegah dan mengobati penyakit pernapasan sekaligus menghilangan dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus.

Baca Juga :