Mengenal lebih dekat port HDMI

Mengenal lebih dekat port HDMI

Mengenal lebih dekat port HDMI

Mengenal lebih dekat port HDMI
Mengenal lebih dekat port HDMI

Pengertian HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah teknologi industri dan merupakan standar yang menghubungkan peralatan HD atau High Definition dari TVHD seperti LCD dan LED TV atau komputer pribadi ke kamera, camcorder, tablet, blu ray player, konsol game, dan ponsel pintar.

Para pendiri HDMI termasuk produsen elektronik terkemuka seperti Hitachi, Panasonic, Philips, Sony, Technicolor, Toshiba, dan Solocin Image. Spesifikasi HDMI sudah dilisensi lebih dari 1200 perusahaan dan merupakan fitur standar pada banyak produk elektronik. Teknologi HDMI mampu memberikan tampilan sejernih Kristal, baik digital audio dan video melalui kabel tunggal. Teknologi ini secara dramatis mampu menyederhanakan fungsi kabel dan membantu menyediakan konsumen pengalaman HD berkualitas tinggi. HDMI mampu mentransmisikan semua standar HDTV ATSC dan mendukung 8 channel, 192 kHz, digital audio terkompresi dan semua format kompresi yang tersedia.

kelebihan dari HDMI adalah secara kualitas, HDMI adalah digital interface yang menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (seperti S Video). Perbedaannya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibandingkan dengan sistem analog. Untuk kemudahan penggunaan, HDMI menghubungkan audio, video, dan multi channel ke dalam tabel tunggal, menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan oleh A/V sistem.

HDMI juga mendukung komunikasi dua arah antara sumber video (seperti DVD player) dan DTV, memungkinakan fungsi baru seperti konfigurasi otomatis dan one touch play. Dengan menggunakan HDMI, perangkat secara otomatis memberikan format yang paling efektif (misalnya 480p vs 720p, 16 : 9 vs 4 : 3). HDMI juga mendukung HDCP yang memiliki akses ke konten HD premium, selain itu, HDMI juga mendukung perangkat yang mendukung HD Content Ready.

Di bawah ini adalah versi dari HDMI yang sudah beredar di pasaran.

HDMI 1.1

  • Dukungan terhadap Audio DVD.

HDMI 1.2

  • Secara khusus, fitur dan modifikasi untuk HDMI 1.2 meliputi : dukungan untuk format One Bit Audio, seperti Super Audio CD DSD (Direct Streaming Digital)

HDMI 1.3

  • Higher Speed : HDMI 1.3 meningkatkan single bandwidth mencapai 3.40 MHz (10.2 Gbps) untuk mendukung perangkat HD masa depan, seperti resolusi yang lebih tinggi, kedalaman warna dan frame rate yang lebih tinggi.
  • Deep Color : HDMI 1.3 mendukung kedalaman warna 10 bit, 12 bit, dan 16 bit.
  • New Mini Konektor : Dengan perangkat portable kecil seperti camcorder HD dan kamera, maka bentuk baru ini akan menjadi andalan sekaligus keunggulan untuk HDMI 1.3
  • New HD Lossless Format Audio : Bagi para pencinta lagu, tentunya sudah sangat mengetahui ini. Kemampuan HDMI yang mendukung digital audio terkompresi dan format Dolby Digital, membuat dukugan tambahan untuk kompresi format audio.

HDMI sendiri masih terus berkembang hingga saat ini, HDMI disinyalir akan menjadi teknologi masa depan bagi perangkat saat ini. Ini terbukti dengan mulai adanya instalasi port HDMI pada perangkat portable seperti pada beberapa tablet ternama di pasaran saat ini. HDMI sendiri merupakan terobosan terbaru di dalam dunia audio dan video, di mana para pengguna dapat menikmati sebuah kualitas solid tanpa harus direpotkan dengan kabel kabel yang begitu mengganggu dan terkadang merusak pemandangan. Bila anda belum pernah menggunakan HDMI, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur HDMI untuk merasakan sensasi baru dan berbeda dari perangkat anda, baik itu tablet atau pun monitor komputer anda.

Nomor pin (dilihat pada sisi soket):

Penetapan Pin Konektor Tipe A
Pin Penetapan Sinyal Pin Penetapan Sinyal
1 TMDS Data2+ 2 TMDS Data2 Shield
3 TMDS Data2– 4 TMDS Data1+
5 TMDS Data1 Shield 6 TMDS Data1–
7 TMDS Data0+ 8 TMDS Data0 Shield
9 TMDS Data0– 10 TMDS Clock+
11 TMDS Clock Shield 12 TMDS Clock–
13 CEC 14 Persediaan (N.C. pada perangkat)
15 SCL 16 SDA
17 DDC/CEC Ground 18 Power +5 V
19 Hot Plug Detect

Kelebihan kabel HDMI adalah :

  • HDMI tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital, berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan sistem analog, sehingga kualitas video atau suara output yang dihasilkan akan lebih baik. Dengan antarmuka analog yang digunakan pada teknologi sebelumnya, sumber digital harus diterjemahkan terlebih dahulu ke analog, dikirim ke televisi, kemudian diubah kembali menjadi sinyal digital untuk ditampilkan di layar. Hal ini yang membuat sinyal digital semakin kehilangan kualitasnya sehingga membuat kualitas output video dan suaranya berkurang
  • HDMI memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dari perangkat lainnya. Dengan teknologi HDMI anda bisa mentransfer data hingga 5 GB/ detik. Sehingga kualitas file yang dihasilkan lebih baik.
  • Kabel tungga, sebenarnya terdapat 19 kabel yang terbungkus pada sebuah kabel tunggal. Dalam penggunaannya HDMI terasa lebih praktis.

HDMI ternyata juga memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah :

  • Tipe Micro             : biasanya digunakan pada smarthphone.
  • Tipe Mini               : biasanya digunakan pada pc tablet atau gadget
  • Tipe Full Size        : biasanya digunakan pada PC, laptop, DVD player, televisi dll.

Baca Artikel Lainnya: