Prospek Kerja Pendidikan Lulusan Teknik Otomasi Industri

Ketika akan seleksi masuk perguruan tinggi baik pada perguruan tinggi negeri atau swasta memang kita akan dihadapkan pada berbagai macam aspek. Salah satunya adalah soal pemilihan jurusan yang akan digunakan mengantar kelulusan. Memang ada banyak jurusan yang nantinya dapat dipilih untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Prospek Kerja Pendidikan Lulusan Teknik Otomasi Industri
Prospek Kerja Pendidikan Lulusan Teknik Otomasi Industri

Salah satunya adalah jurusan teknik otomasi industri. Memang tak begitu populer akan tetapi sebenarnya jurusan ini merupakan jurusan teknik yang tidak boleh diremehkan. Pelik dan juga sangat luas ilmu yang ada didalamnya. Jurusan teknik otomasi industri sendiri merupakan sebuah program studi yang secara umum belajar tentang semua hal menyangkut teknik – teknik membuat sebuah mesin otomasi untuk digunakan mengerjakan atau memproduksi suatu hal dengan mudah dan secara efisien. Nantinya tentu saja prospek kerja yang sangat cerah akan didapatkan. Lantas bisa kerja dimana saja mereka yang lulusan dari pendidikan jurusan teknik otomasi industri ini?

Prospek Kerja Pendidikan Lulusan Teknik Otomasi Industri

Perusahaan manufaktur

Pada perusahaan manufaktur memang membutuhkan banyak jenis mesin otomatis untuk menunjang kegiatan usaha tersebut dalam melakukan pembuatan produk. Karena itu seorang lulusan teknik otomasi industri sangat dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur. Apalagi saat ini fenomena yang berkembang semakin banyak usaha manufaktur dengan menggunakan mesin canggih tentu hal ini membuka lapangan pekerjaan yang juga jauh lebih luas bagi lulusan teknik otomasi industri.

Perusahaan pembangkit listrik

Anda yang telah lulus juga dapat bekerja pada perusahaan – perusahaan terkait pembangkit listrik misalkan seperti PLN. Disana terus dilakukan upaya – upaya pengembangan sistem dan juga mesin – mesin yang baik dalam memproduksi listrik. Tentunya aspek yang satu ini akan membuat mesin – mesin saat ini perlu otomasi agar dapat bekerja lebih baik dan efisien dan dalam hal ini peran seorang lulusan teknik otomasi industri sangat dibutuhkan.

Perusahaan minyak gas dan pertambangan

Lulusan teknik memang memiliki peluang kerja pada berbagai perusahaan pertambangan minyak dan gas yang membutuhkan mesin – mesin dengan teknologi tinggi. Anda juga dapat bekerja sebagai seorang engineer atau seorang maintenance pada perusahaan yang berkaitan tersebut.

Akademik

Jika memang Anda merasa mampu menularkan ilmu akademik yang Anda miliki ada baiknya juga Anda lanjutkan gelar S2 dan berproses menjadi seorang dosen karena akan memberikan banyak pengalaman dan manfaat untuk Anda.

Pemerintahan

Anda juga dapat bekerja pada berbagai macam instansi pemerintahan terkait yang sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki. Dan jika Anda punya kemampuan dalam teknik otomasi industri maka bergabung dengan kementrian ESDM, pekerjaan umum dan sejenisnya akan sangat cocok untuk Anda.

Demikian sedikit informasi tentang Prospek Kerja Pendidikan Lulusan Teknik Otomasi Industri yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat. sumber : dosenpendidikan.com